MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DALAM MEMPERCEPAT TERWUJUDNYA PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL’ALAMIN (Studi Multikasus di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dan MI Ma’arif Cekok Ponorogo)

DIAN HIKMAYANA, 1890501220012 and NGAINUN NAIM, 197507192003121002 and SULISTYORINI, 196512152003122001 (2025) MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DALAM MEMPERCEPAT TERWUJUDNYA PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL’ALAMIN (Studi Multikasus di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dan MI Ma’arif Cekok Ponorogo). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dian Hikmayana, 1890501220012, 2025. MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DALAM MEMPERCEPAT TERWUJUDNYA PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL’ALAMIN (Studi Multikasus di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dan MI Ma’arif Cekok Ponorogo). Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor: (1) Prof. Dr. Ngainun Na’im, M. H. I. (2) Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Full day school, Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin Manajemen Full Day School menjadi faktor penting dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa. Dua lembaga dalam penelitian ini merupakan madrasah swasta di bawah naungan Kementerian Agama. Melalui Full Day School yang diterapkan kedua madrasah ini merupakan langkah tepat dalam mempercepat terwujudnya Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’Alamin. Manajemen Full Day School kedua lembaga ini yaitu dengan menyusun perencanaan yang terstruktur sehingga mampu menciptakan lulusan yang berkarakter Pancasila dan Rahmatan Lil’Alamin. Pertanyaan penelitian dalam disertasi ini adalah: 1) bagaimana perencanaan Full Day School dalam mempercepat terwujudnya Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’Alamin di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dan MI Ma’arif Cekok Ponorogo? 2) bagaimana pelaksanaan Full Day School dalam mempercepat terwujudnya Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’Alamin di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dan MI Ma’arif Cekok Ponorogo? 3) bagaimana evaluasi Full Day School dalam mempercepat terwujudnya Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’Alamin di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dan MI Ma’arif Cekok Ponorogo? Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multikasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas kasus. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mencakup pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan (credibility, teralihkan (transferability); ketergantungan (dependability); dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan Full Day School dalam mempercepat terwujudnya Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’Alamin meliputi: integritas kurikulum, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, pengembangan infrastruktur dan fasilitas, pengembangan kompetensi siswa, partisipasi stakeholder dan keterlibatan komunitas, biaya pendanaan; 2) pelaksanaan Full Day School integritas kurikulum dengan memadukan kurikulum nasional dengan pondok pesantren atau madrasah diniyah, pelaksanaan Full Day School peningkatan kompetensi guru melalui pendidikan, pelatihan, workshop, seminar, dan KKG, pelaksanaan Full Day School pengembangan infrastruktur dan fasilitas dengan melakukan perencanaan yang matang, pelaksanaan, dan evaluasi, pelaksanaan Full Day School pengembangan kompetensi siswa melalui kegiatan pembiasaan, ekstrakulikuler, dan program unggulan sesuai dengan jadwal, pelaksanaan Full Day School partisipasi stakeholder dan keterlibatan komunitas dengan kegiatan parenting, membentuk group madrasah, dan group kelas, biaya pendanaan meliputi sumber pembiayaan melalui biaya siswa, sumbangan donasi, dan kerjasama, jenis pembiayaan terbagi biaya administrasi, biaya operasional, bantuan pemerintah/dana BOS, serta model pembiayaan yaitu pembiayaan mandiri dan subsidi, pengembangan kegiatan ekonomi seperti kantin dan MI Mart; 3) evaluasi Full Day School melalui evaluasi integritas kurikulum dengan memadukan evaluasi sumatif, formatif, monitoring, dan evaluasi oleh tim pengembang kurikulum, evaluasi peningkatan kompetensi guru dengan PKG (Penilaian Kompetensi Guru) dan supervisi, evaluasi pengembangan infrastruktur dan fasilitas dengan pengembangan sarana dan sarana memadai, penambahan atau perbaikan, evaluasi peningkatan kompetensi siswa, evaluasi partisipasi stakeholder dan keterlibatan komunitas dengan melibatkan orang tua maupun pihak terkait dalam kegiatan madrasah, serta evaluasi biaya pendanaan secara transparasi.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim
Depositing User: 1890501220012 DIAN HIKMAYANA
Date Deposited: 25 Nov 2025 03:53
Last Modified: 25 Nov 2025 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64338

Actions (login required)

View Item View Item