PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI NANOTEKNOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

INNEKE ANGGRAINI PERMATA SARI, 126212202057 and ALI AMIRUL MU’MININ, 198504262023211016 (2025) PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI NANOTEKNOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (650kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Booklet Berbasis Contextual Learning Pada Materi Nanoteknologi Sebagai Bahan Ajar Untuk Siswa Kelas X SMA/MA” ini ditulis oleh Inneke Anggraini Permata Sari, NIM 126212202057, Pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd.Kata Kunci : E-booklet, Contextual Learning, Nanoteknologi Nanoteknologi merupakan materi baru pada kurikulum merdeka dengan ketersedian bahan ajar yang masih terbatas. Bahan ajar materi nanoteknologi yang digunakan saat ini masih memiliki tampilan yang monoton, berupa LKS dengan tampilan kurang menarik serta materi kurang lengkap, dan kurang mengintegrasikan konsep dengan konteks di lingkungan sosial. Mengaitkan konsep dengan konteks di lingkungan sekitar atau contextual learning dapat membantu siswa memahami materi lebih mendalam dengan mengaitkannya pada situasi nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan aplikatif. Penggunaan bahan ajar yang sesuai masalah tersebut dengan disertai teknologi terbaru berupa buku yang berbasis elektronik atau e-booklet yang memiliki kelebihan lebih praktis, mudah dibawa ke mana pun dengan tampilan menarik, dapat disimpan di berbagai perangkat digital dan juga bisa diakses kapan saja dan dimana saja, sehingga memudahkan siswa untuk mendapatkan informasi dan lebih memahami materi nanoteknologi.Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengembangkan e-booklet berbasis contextual learning pada materi nanoteknologi. 2) Mendeskripsikan tingkat validitas e-booklet berbasis contextual learning pada materi nanoteknologi. 3) Mengetahui respons siswa terhadap e-booklet berbasis contextual learning pada materi nanoteknologi sebagai bahan ajar siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Reseach and Development (R&D) dengan model 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk yang dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi yang terdiri dari 1 dosen pendidikan kimia dan 1 guru kimia SMAN 1 Tulungagung, dan angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik. Subjek uji coba terbatas dilakukan terhadap 30 peserta didik kelas X-9 di SMAN 1 Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kualitatif dari hasil wawancara kebutuhan dan analisis data kuantitatif dari hasil validasi ahli dan angket respon peserta didik dengan menghitung presentase rata-ratanya. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengembangan e-booklet didesain menggunakan aplikasi Canva kemudian di-eksport ke platform heyzine untuk mendapat efek flipbook. (2) E-booklet yang telah dikembangkan mendapat kriteria kelayakan baik dari segi muatan materi maupun tampilan media dengan hasil rata-rata persentase berturut-turut sebesar 89,61% dan 83,2% dengan kriteria “sangat valid”. (3) Hasil respons 30 siswa mendapat nilai rata-rata persentase sebesar 85,18% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan persentase tingkat validasi dan tingkat respons siswa maka e-booklet berbasis contextual learning layak untuk diujicobakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202057 INNEKE ANGGRAINI PERMATA SARI
Date Deposited: 26 Nov 2025 02:53
Last Modified: 26 Nov 2025 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64349

Available Versions of this Item

  • PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI NANOTEKNOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. (deposited 26 Nov 2025 02:53) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item