EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING BY DOING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VII MTS MA'ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

MUHAMMAD AGUS ARWANI, 126210211023 and BAGUS WAHYU SETYAWAN, 199304272020121008 (2025) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING BY DOING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VII MTS MA'ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (724kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Agus Arwani. 2025. Efektivitas Metode Learning By Doing Dalam Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Bagus wahyu Setiawan, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Learning By Doing , Keterampilan Menulis Teks Berita Pembelajaran menulis teks berita di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kurang efektif karena pendidik hanya sebatas menggunakan buku LKS yang di dalamnya berisi ringkasan materi dan latihan soal yang diberikan kepada siswa. Metode Learning By Doing dipilih karena menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, mulai dari praktik langsung hingga proses refleksi dan diskusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan metode Learning By Doing (Kelas VII L) dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (Kelas VII E). Instrumen pengumpulan data berupa tes menulis teks berita yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pre- test dan post-test). Hasil Penelitian penggunaan metode pembelajaran learning by doing dapat disimpulkan melalui uji data yaitu uji Paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan adanya perbedaan hasil pada saat menulis teks berita antara kelas yang tidak diberi perlakuan dan kelas yang diberi perlakuan menggunakan metode Learning By Doing . Diketahui nilai probabilitas (A symp. Sig) senilai 0,000. Dengan demikian, nilai probabilitas (A symp. Sig) lebih kecil nilainya dari 0,05. Uji paired t-test post-test kelas kontrol adalah 0,000 kelas eksperimen memiliki nilai 0,000. Dapat disimpulkan nilai probabilitas kelas ekperimen yaitu 0,000 < 0,05 Sesuai dari hasil uji paired sample t-test, data post- test kelas eksperimen Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa yang belajar menggunakan metode Learning By Doing menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam keterampilan menulis teks berita dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Hal ini membuktikan bahwa metode Learning By Doing efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210211023 MUHAMMAD AGUS ARWANI
Date Deposited: 26 Nov 2025 04:09
Last Modified: 26 Nov 2025 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64379

Actions (login required)

View Item View Item