ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MARKETING MIX 12P DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN EKSPANSI CABANG BARU PADA GEPREK APAK’E DI KABUPATEN BLITAR

LUTFI IMROATIN, 126405213198 and AHMAD SUPRIYADI, 198411202019031005 (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MARKETING MIX 12P DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN EKSPANSI CABANG BARU PADA GEPREK APAK’E DI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (641kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Marketing Mix 12p dalam Meningkatkan Penjualan dan Ekspansi Cabang Baru pada Geprek Apak’e di Kabupaten Blitar” yang ditulis oleh Lutfi Imroatin Nim. 126405213198, dengan pembimbing Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Strategi Marketing Mix, Penjualan, Ekspansi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ekonomi yang pesat memicu persaingan ketat, menuntut pelaku usaha menerapkan strategi pemasaran efektif. Penelitian ini akan menganalisis keberhasilan Geprek Apak'e, sebuah UMKM kuliner, dalam meningkatkan penjualan dan membuka cabang baru melalui penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 12P di tengah dinamika pasar yang kompetitif. Fokus Penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi marketing mix pada Geprek Apak'e di Kabupaten Blitar (2) Apa saja faktor pendorong dan penghambat strategi marketing mix pada Geprek Apak'e di Kabupaten Blitar (3) Bagaimana strategi pemasaran Geprek Apak'e berkontribusi terhadap keberhasilan ekspansi cabang baru di Kabupaten Blitar Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah observasi (non partisipan), wawancara (terstuktur), dan dokumentasi yang bersumber dari pemilik usaha serta karyawan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data atau penyaringan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yaitu ketekunan pengamatan menggunakan bahan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkn bahwa (1) Geprek Apak'e di Blitar menerapkan strategi marketing mix yang komprehensif dan sinergis. Ini mencakup produk berkualitas dan fleksibel, harga kompetitif, distribusi langsung, branding kuat, penjualan personal proaktif, iklan digital (WhatsApp), serta promosi menarik (termasuk diskon grand opening). Didukung oleh kemasan aman, display menggugah selera, pelayanan prima, manajemen bahan baku ketat, dan analisis adaptif terhadap fluktuasi harga, semua elemen ini secara bersamaan meningkatkan penjualan dan mendorong ekspansi cabang baru. (2) Strategi marketing mix Geprek Apak'e sangat berperan dalam peningkatan penjualan dan ekspansi cabang. Pendorong utamanya adalah produk adaptif dengan rasa konsisten serta harga yang sangat kompetitif. Meskipun dihadapkan pada kenaikan harga bahan baku tidak stabil, Geprek Apak'e mengatasinya dengan mengurangi porsi secara adaptif. (3) Meskipun semua elemen marketing mix saling mendukung, strategi harga yang agresif dan promosi grand opening yang masif menjadi pendorong utama keberhasilan ekspansi di Kabupaten Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405213198 LUTFI IMROATIN
Date Deposited: 26 Nov 2025 06:31
Last Modified: 26 Nov 2025 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64417

Actions (login required)

View Item View Item