KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH MUTAWASITAH PIRAYA NAWIN KLONGHIN WITTAYA, PATANI (THAILAND SELATAN)

Saifudin Sulong, 2811133309 (2017) KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH MUTAWASITAH PIRAYA NAWIN KLONGHIN WITTAYA, PATANI (THAILAND SELATAN). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (471kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena tentangpendidikan agama Islam khususnya di Patani sangat identik dengan istilah “Pondok Pesantren”.Dalam perkembangannya ada keinginan pemerintah Thailand untuk merubah status pondok menjadi sekolah pendidikan agama Islam dengan berbagai ketentuan yang telah ditetapkan, berangkat dari suatu pertimbangan bahwa memang keberadaan pondok sebagai institusi pengajaran pengetahuan keagamaan, namun kalau dilihat dari segi pengembangan sumberdaya manusia secara umum masih kurang dalam tahapan realisasinya. Karena menjadi sistem pendidikan formal, maka tidak lepas dari tujuan nasional yang merupakan tujuan umumnya.Sehingga kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum nasional. Fokus Penelitian: (1) Bagaimana pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah mutawasitah Piraya nawin klonghin wittaya, Patani (Thailand Selatan)?, (2) Bagaimana tingkat keberhasilan pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah mutawasitah Piraya nawin klonghin wittaya, Patani (Thailand Selatan)?, (3) Apa hal-hal yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah mutawasitah Piraya nawin klonghin wittaya, Patani (Thailand Selatan)?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di sekolah menengah mutawasitah Piraya nawin klonghin wittaya, Patani (Thailand Selatan).Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif.Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan sejawat melalui diskusi, triangulasi, dan keajengan pengamatan. Hasil Penelitian. Pertama, pelaksanaan kurikulum di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya pada dasarnya relatif tidak berbeda jauh dengan kurikulum di sekolah umum, yang membedakan hanya di sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya mempunyai kurikulum tambahan yang ditentukan sendiri oleh lembaga. Kedua, hasil pelaksanaan kurikulum PAI di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya telah membawa dampak positif bagi siswa, diantaranya kebiasaan buruk siswa sedikit demi sedikit sudah berkurang dan dari jumlah siswa juga bisa membuktikan tentang kekualitasan sekolah. Ketiga, hal-hal yang mendukung dari pelaksanaan kurikulum PAI di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya diantaranya: guru yang sabar dalam mengajar, latar belakang pendidikan guru yang sesuai, keberadaan sekolah yang didukung oleh pemerintah, menambahkan pelajaran skill bagi anak-anak, lingkungan. Adapun hal-hal yang menghambat dari pelaksanaan kurikulum pendidikan Agama Islam di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya diantaranya: kurang disiplinnya siswa untuk berangkat sekolah, perhatian yang kurang dari wali murid. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya, bagaimana tingkat keberhasilan pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya, Serta apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya menggunakan kurikulum pendidikan agama Islam 46” yang materinya didesain sangat ringan. Adapun hasil pelaksanaan kurikulum telah membawa dampak positif bagi siswa, diantaranya kebiasaan buruk siswa sedikit demi sedikit sudah berkurang, selain itu perolehan nilai tes murni pendidikan agama Islam telah menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya telah tuntas dengan nilai terendah siswa dan tertinggi. Sedangkan faktor pendukung diantaranya guru yang selalu sabar dan telaten, latar belakang pendidikan guru yang sudah sesuai, keberadaan Sekolah Piraya Nawin Klonghin Wittaya yang didukung oleh pemerintah dan lingkungan sekitar, menambahkan pelajaran skill bagi anak-anak, lingkungan. Faktor penghambat diantaranya kurang disiplinnya siswa, perhatian yang kurang dari wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anas 2811133308 Nuruddeen Syekh Ali
Date Deposited: 08 Nov 2017 02:50
Last Modified: 08 Nov 2017 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6445

Actions (login required)

View Item View Item