PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI MELALUI METODE AT-TARTIL DI TPQ AL-ISTIQOMAH SUKODONO SIDOARJO

NABILA ROUDHOTUL JANNAH, 126201213293 and AS'ARIL MUHAJIR, 196801292000031001 (2025) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI MELALUI METODE AT-TARTIL DI TPQ AL-ISTIQOMAH SUKODONO SIDOARJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Membentuk Keterampilan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode At-Tartil di TPQ Al-Istiqomah Sukodono Sidoarjo” ini ditulis oleh Nabila Roudhotul Jannah NIM 126201213293. Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Prof. Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata kunci: Peran guru, Keterampilan Membaca Al-Qur’an, Metode At-Tartil Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk keterampilan membaca Al-Qur’an santri melalui metode At-Tartil di TPQ Al-Istiqomah Sukodono Sidoarjo. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid, namun masih banyak santri yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an secara tartil. Metode At-Tartil dipilih karena memiliki keunggulan dalam penyusunan materi yang sistematis dan penerapan pembelajaran yang praktis serta menekankan pada pembiasaan membaca secara perlahan, jelas, dan sesuai makhraj. Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Membentuk Keterampilan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode At-Tartil di TPQ Al-Istiqomah Sukodono Sidoarjo ?2) Bagaimana Peran Guru Sebagai Evaluator dalam Membentuk Keterampilan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode At-Tartil di TPQ Al-Istiqomah Kulon Sukodono Sidoarjo? Penelitian ini mengunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan kondentasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam Peran Guru sebagai fasilitator guru dapat menciptakan dan menyediakan lingkungan belajar yang kondusif nyaman dan menyenangkan serta menyediakan berbagai alat bantu pembelajaran yang beragam seperti alat peraga, papan tulis, dan buku buku penunjang. 2) Guru berperan sebagai evaluator yang rutin memantau kemampuan membaca Al-Qur’an santri melalui latihan, penilaian individu, dan pencatatan kemajuan. Guru juga mengevaluasi diri dan proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Metode At-Tartil efektif karena didukung guru yang sabar dan menciptakan suasana belajar kondusif, sehingga motivasi dan pemahaman santri meningkat. Evaluasi konsisten memastikan pembelajaran berjalan efektif dan hasil belajar terus berkembang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213293 NABILA ROUDHOTUL JANNAH
Date Deposited: 28 Nov 2025 06:23
Last Modified: 01 Dec 2025 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64470

Actions (login required)

View Item View Item