PERAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN PENERAPAN NILAINILAI SOSIAL SISWA KELAS VIII DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

TAMAYA AZZAHRO’, 126209202098 (2024) PERAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN PENERAPAN NILAINILAI SOSIAL SISWA KELAS VIII DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (549kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Nilai Sosial, Ilmu Pengetahuan Sosial Penelitian ini di latar belakangi oleh memudarnya nilai-nilai sosial yang dimiliki oleh siswa. Siswa sering melanggar peraturan dan tata tertib yang ada di sekolah, terkadang siswa juga sering tidak mendengarkan perintah yang telah di sampaikan oleh guru. Maka dari itu peran guru sangatlah penting untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai sosial yang harus dimiliki oleh siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru IPS dalam meningkatkan penerapan nilai-nilai sosial siswa kelas VIII di MTs Al Ma‟arif Tulungagung, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan penerapan nilai-nilai sosial siswa kelas VIII di MTs Al Ma‟arif Tulungagung, 3) Apa saja dampak dari peran guru IPS dalam meningkatkan penerapan nilai-nilai sosial siswa kelas VIII di MTs Al Ma‟arif Tulungagung. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu Guru IPS kelas VIII dan enam siswi kelas VIII MTs Al Ma'arif Tulungagung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru IPS dalam meningkatkan penerapan nilai-nilai sosial sangat berpengaruh terhadap siswa. Siswa semakin disiplin, sopan santun, mampu menghargai waktu, hormat kepada orang yang lebih tua, menghargai pendapat orang lain, dan hormat kepada guru. Peningkatan penerapan nilai-nilai sosial di MTs Al Ma‟arif ini berhasil dilakukan karena kesabaran dari seorang guru yang tidak berhenti dalam mengingatkan murid-muridnya tentang pentingnya nilai-nilai sosial yang nantinya akan sangat berguna untuk kelangsungan hidup para siswa. Faktor pendukung guru dalam meningkatkan penerapan nilai-nilai sosial ini tidak lepas dari beberapa faktor internal meliputi, kompetensi profesional guru, kepribadian guru yaitu sikap dan karakter guru sendiri, mempunyai kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Faktor eksternal meliputi, dukungan dari orang tua murid yang akan memperkuat pemahaman dan penerapan nilai sosial, adanya lingkungan sekolah yang mendukung kebijakan pendidikan, dan kurikulum yang mendorong penguatan karakter dan nilai sosial mendapat arahan yang jelas bagi guru dalam mengintergrasikan nilai sosial dalam pembelajaran. Faktor penghambat guru yaitu siswa sulit menerima perubahan dari kebiasaan yang membuat siswa kurang memahami penerapan nilai-nilai sosial yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202098 TAMAYA AZZAHRO'
Date Deposited: 02 Dec 2025 04:28
Last Modified: 02 Dec 2025 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64507

Actions (login required)

View Item View Item