PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS ANTARA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA SMPN 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

IMRO’ATUS SHOLIKHAH, 2814133085 (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS ANTARA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA SMPN 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Menggunakan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Materi Perbandingan pada Siswa SMPN 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017” yang ditulis oleh Imro’atus Sholikhah, NIM. 2814133085, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Discovery Learning, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa matematika adalah suatu pelajaran yang abstrak dimana pelajaran matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang kurang diminati, sehingga salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang lebih menarik yaitu model discovery learning dan problem based learning dimana model discovery learning dan problem based learning ini dapat dapat membantu siswa untuk aktif dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model discovery learning. (2)untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model problem based learning. (3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model discovery learning dengan model problem based learning. (4) untuk mengetahui mana yang lebih baik kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran model discovery learning dan model problem based learning Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN I Karangrejo Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes dan data dokumentasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah. 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi perbandingan SMPN 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang menggunakan model discovery learning memiliki nilai rata-rata sebesar 78,1. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi perbandingan SMPN 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang menggunakan model problem based learning memiliki nilai rata-rata sebesar 69,65. 3) Uji hipotesis dengan menggunakan t-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,41 dan ttabel 2,000 dengan taraf signifikasi 5% maka hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni “ Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model discovery learning dan model problem based learning materi perbandingan pada siswa SMPN 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017”. 4) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang menggunakan model discovery learning lebih baik daripada menggunakan model problem based learning. Hal ini berdasarkan perhitungan kelas eksperimen 1 memiliki nilai rata-rata kelas sebesar 78,1 dan kelas eksperimen 2 memiliki nilai rata-rata kelas sebesar 69,65.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133085 IMRO’ATUS SHOLIKHAH
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:39
Last Modified: 09 Nov 2017 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item