TRIANA MELLYASARI, 126205213234 and SEPTINANINGRUM, 198609072023202139 (2025) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PjBL UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL-MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (477kB) |
|
|
Text
DAFTAR.pdf Download (188kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) |
|
|
Text
BAB II (1).pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (137kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pembelajaran Matematika Menggunakann Model PjBL Untuk Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Kelas IV MI Gendingan Tulungagung” ini ditulis oleh Triana Mellyasari, NIM. 126205213234, dengan pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci: PjBL, Kreativitas, Pembelajaran Matematika. Konteks penelitian ini adalah pendidik masih menerapkan model pembelajaran yang kurang sesuai dalam mengajar mata pelajaran Matematika, sehingga dapat mempengaruhi ketrampilan dan perkembangan kreativitas peserta didik dalam memecahkan suatu masalah yang di jumpai pada proses pembelajaran juga mengakibatkan kurangnya kondusifitas pada kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model PjBL dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IV MI Al-Ma’arif Gendingan dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran matematika menggunakan model PjBL untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik kelas IV MI?. (2) Bagaimana implementasi pembelajaran matematika menggunakan model PjBL untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik kelas IV MI?. (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran matematika menggunakan model PjBL untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik kelas IV MI?. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskiptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian antara lain, kepala madrasah, guru kelas, dan peserta didik. Teknik Analisis data dilakukan melalui pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi model PjBL mampu menumbuhkan kreativitas, keaktifan, kemampuan kerja sama, komunikasi, serta hasil belajar peserta didik. (2) Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, bermakna, dan kontekstual, sehingga kelas lebih kondusif. (3) Guru juga berperan penting sebagai fasilitator selama proses pembelajaran berlangsung. (4) Peserta didik menunjukkan kemampuan berpikir kreatif yang berkembang, seperti mampu mencetuskan ide secara lancar, melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang, mengemukakan ide-ide unik, serta merinci gagasan secara mendalam.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205213234 TRIANA MELLYASARI |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 06:07 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 06:07 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
