SITI HANIFA, 126204212095 and SYAIFUL HADI, 197711032011011007 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA KELAS X DI MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (685kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (252kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (318kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Powerpoint Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Materi Statistika Kelas X di MAN 2 Jombang" ini ditulis oleh Siti Hanifa, NIM. 126204212095, dengan pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Powerpoint Interaktif, Kemampuan Berpikir Kritis, hasil belajar. Perkembangan pendidikan abad ke-21 menuntut adanya pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, terutama dalam mata pelajaran matematika. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan media Powerpoint interaktif. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, dan menyenangkan. Materi statistika dipilih karena berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari dan penting dalam membentuk kemampuan analisis siswa. Berdasarkan pengamatan di MAN 2 Jombang, masih ditemukan siswa yang pasif dalam pembelajaran, kurang fokus, dan memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran problem based learning melalui Powerpoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi Statistika kelas X di MAN 2 Jombang, 2) Untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran problem based learning melalui Powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa dalam materi Statistika kelas X di MAN 2 Jombang, 3) Untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dengan PowerPoint interaktif, dan kelas X-F sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Cooperative Learning. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Observasi; 2) Tes; 3) Dokumentasi. Teknik analisis data mencakup uji normalitas, uji homogenitas, uji ngain, t-test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning melalui powerpoint interaktif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi Statistika kelas X di MAN 2 Jombang. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis dengan t-test diperoleh nilai
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204212095 SITI HANIFA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:28 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:28 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
