PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI DI SMAN 1 NGUNUT

NABILA LU'LUIL MAKNUN, 126212211019 and ALI AMIRUL MU’MININ, 198504262023211016 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI DI SMAN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (851kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (504kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning(PjBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI di SMAN 1 Ngunut” ditulis oleh Nabila Lu’luil Maknun, Nim 126212211019, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Motivasi , Hasil Belajar Kognitif, Kesetimbangan Kimia. Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia dikarenakan model pembelajaran yang kurang variatif, dan hanya berpusat pada guru. Hal ini menjadikan siswa kurang terlibat selama proses pembelajaran, sehingga siswa akan merasa jenuh dan kurang termotivasi dalam belajar. Kurangnya motivasi dalam belajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut. Penggunaa model project based learning (PjBL) diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) pengaruh model project based learning(pjbl) terhadap motivasi belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI di SMAN 1 Ngunut,2) pengaruh model project based learning(PjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI di SMAN 1 Ngunut, 3) pengaruh model project based learning(PjBL) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI di SMAN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Ngunut. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan XI B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen lembar angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa, dan instrumen lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji T dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Terdapat pengaruh model project based learning(PjBL) terhadap motivasi belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia, berdasarkan perhitungan uji T angket motivasi belajar diperoleh thitung ≥ ttabel = 4,780 ≥ 1,999 dengan nilai Sig.(2-tailed)=0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, 2) Terdapat pengaruh model project based learning(PjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi kesetimbangan kimia, berdasarkan perhitungan uji T tes hasil belajar diperoleh thitung ≥ ttabel = 3,162 ≥ 1,999 dengan nilai Sig.(2-tailed)=0,002 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, 3) pengaruh model project based learning(PjBL) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa pada materi kesetimbangan kimia, berdasarkan uji manova motivasi dan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0,000 motivasi belajar dan 0,002 untuk hasil belajar. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan 0,002 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212211019 NABILA LU'LUIL MAKNUN
Date Deposited: 03 Dec 2025 03:58
Last Modified: 03 Dec 2025 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64574

Actions (login required)

View Item View Item