HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER SENI BACA QUR’AN DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTERISTIK PERCAYA DIRI SISWA DI MI YAPENDAWA TRENGGALEK

ANILTA RIFADHATAL KHANIN, 126205213244 and DIANA LUTFIANA ULFA, 199201282020122015 (2025) HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER SENI BACA QUR’AN DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTERISTIK PERCAYA DIRI SISWA DI MI YAPENDAWA TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Ekstrakurikuler Seni Baca Qur’an dengan Pembentukan Karakteristik Percaya Diri Siswa di MI Yapendawa Trenggalek” ini ditulis oleh Anilta Rifadhatal Khanin, NIM 126205213244, di bawah bimbingan dosen pembimbing Ibu Diana Lutfiana Ulfa, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Seni Baca Qur’an, Karakteristik Percaya Diri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan percaya diri pada siswa, khususnya di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler seni baca Qur’an, yang tidak hanya melatih keterampilan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, tetapi juga berperan dalam mengembangkan aspek psikologis dan spiritual siswa. MI Yapendawa dipilih sebagai lokasi penelitian karena memiliki program ekstrakurikuler seni baca Qur’an yang telah berjalan lebih dari 15 tahun dan menunjukkan komitmen kuat terhadap pendidikan karakter. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler seni membaca Al-Qur'an dengan karakteristik percaya diri siswa di MI Yapendawa. (2) hubungan antara metode pengajaran dalam ekstrakurikuler seni baca Al-Qur'an dengan karakteristik percaya diri siswa di MI Yapendawa. (3) hubungan antara kemampuan seni baca qur’an dengan karakteristik percaya diri siswa di MI Yapendawa. Metode penelitian menggunakan kuantitatif korelasi Pearson Product Moment. Data dikumpulkan melalui kuisioner terbuka dan tertutup untuk guru pendamping, kuisioner untuk siswa, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan uji korelasi pearson untuk mengetahui signifikansi hubungan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur'an terhadap kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara proses kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an dengan karakteristik percaya diri siswa di MI Yapendawa, yang dibuktikan melalui uji Pearson Product Moment dengan nilai r = 0,663 dan p = 0,000. Kegiatan yang terstruktur, rutin, dan berbasis praktik langsung terbukti efektif dalam membangun keberanian, optimisme, dan rasa percaya diri siswa. (2) Metode pengajaran yang digunakan, seperti demonstrasi, imitasi, tartil, dan irama (bittaghoni), memberikan dampak signifikan terhadap pembentukan karakter percaya diri siswa. Nilai korelasi sebesar r = 0,586 (p = 0,000) menunjukkan bahwa pembelajaran yang partisipatif dan disertai penguatan positif dari guru mampu mendorong keberanian dan keyakinan siswa dalam membaca Al-Qur’an. (3) Peningkatan kemampuan seni baca Al-Qur’an, baik dalam aspek tajwid, makhraj, kelancaran, maupun irama, berjalan selaras dengan pertumbuhan karakter percaya diri siswa. Rata-rata skor ekstrakurikuler 18,96 dan kepercayaan diri 28,06 menunjukkan perkembangan paralel. Hasil observasi dan penilaian guru memperkuat bahwa keterampilan membaca yang meningkat turut membentuk siswa yang lebih aktif, percaya diri, dan mandiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213244 ANILTA RIFADHATAL KHANIN
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:49
Last Modified: 15 Dec 2025 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64597

Actions (login required)

View Item View Item