TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS XI IPA 1 MAN KUNIR BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

BINTI RO’IKAH, 2814133031 (2017) TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS XI IPA 1 MAN KUNIR BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ro’ikah, Binti. 2017. Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika Berdasarkan Gender pada Siswa Kelas XI IPA 1 MAN Kunir Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Hj. Umy Zahroh, Ph.D Kata Kunci: Tingkat Berpikir Kreatif, Menyelesaikan Soal, Gender. Mengembangkan kompetensi berpikir kreatif sangat berperan penting dalam menghadapi era persaingan global saat ini. Sekarang ini zaman semakin maju dan setiap orang dituntut untuk bisa lebih aktif, kreatif, inovatif dan mandiri untuk bisa bertahan di dalamnya. Oleh karena itu, untuk bisa bersaing mengikuti perkembangan zaman yang penuh dengan tantangan seperti saat ini diharapkan setiap orang khususnya peserta didik dapat dilatih melalui pemberian masalah dalam bentuk soal yang bervariasi terutama dalam matematika. Berpikir kreatif dalam matematika merupakan proses mental yang melibatkan pengetahuan, ketrampilan bernalar, dan karakter intelektual bernalar untuk menyelesaikan masalah matematika. Pemecahan masalah mengacu pada fungsi otak untuk mengembangkan proses berpikir kreatif seseorang dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal statistika dan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa perempuan dalam menyelesaikan soal statistika di kelas XI IPA1 MAN Kunir Blitar tahun 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini adalah MAN Kunir Blitar, sebagai sumber data 8 orang siswa yaitu 4 laki-laki dan 4 perempuan dari kelas XI IPA 1 MAN Kunir Blitar tahun ajaran 2016/2017. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data melalui ketekunan peneliti, tringulasi, pengecekan teman sejawat. Tingkat berpikir kreatif siswa kelas XI IPA 1 MAN Kunir Blitar dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan indikator dari masing-masing tingkat berpikir kreatif dan dilihat dengan berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal statistika memiliki tingkat berpikir kreatif tingkat 3 (kreatif), siswa laki-laki berkemampuan rendah memiliki tingkat berpikir kreatif tingkat 2 (cukup kreatif). Sedangkan siswa perempuan berkemampuan tinggi memiliki tingkat berpikir kreatif tingkat 4 (sangat kreatif) dan siswa perempuan yang berkermampuan rendah memiliki tingkat berpikir kreatif tingkat 2 (cukup kreatif).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133031 BINTI RO’IKAH
Date Deposited: 13 Nov 2017 03:43
Last Modified: 13 Nov 2017 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6461

Actions (login required)

View Item View Item