ELOK FATIHATUS SHOLIHAH, 126205211026 (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PUZZLE UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI MI THORIQUL HUDA MOJOWARNO JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (679kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (401kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (431kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Kreativitas Peserta Didik di MI Thoriqul Huda Mojowarno Jombang” ini ditulis oleh Elok Fatihatus Sholihah, NIM 126205211026, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr . Septinaningrum M.Pd. Kata kunci: Media pembelajaran, Puzzle, kreativitas, peserta didik. Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) berada pada tahap perkembangan berpikir konkret. Salah satu media yang menarik dan sesuai degan karakteristik anak usia MI adalah media pembelajaran puzzle. Namun, di MI Thoriqul Huda Mojowarno Jombang pemanfaatan media seperti puzzle belum optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi media puzzle untuk mengembangkan kreativitas dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi media puzzle untuk mengembangkan kreativitas peserta didik kelas I mata pelajaran Pendidikan Pancasila di MI Thoriqul Huda Mojowarno Jombang. Fokusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan media puzzle oleh guru, serta dampaknya dalam merangsang imajinasi, berpikir kritis, dan kemampuan siswa menciptakan sesuatu yang baru dan orisinil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru, kepala madrasah, dan peserta didik kelas 1 serta dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle diterapkan melalui perencanaan guru yang matang, termasuk penyusunan modul ajar dan persiapan alat seperti puzzle bergambar Garuda Pancasila. Pelaksanaannya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, serta efektif mengembangkan empat aspek kreativitas peserta didik: kelancaran, keluwesan, elaborasi, dan keaslian berpikir. Evaluasi menunjukkan siswa lebih antusias, aktif, dan mampu menyelesaikan tugas secara kreatif. Media tersebut terbukti menjadi alternatif yang tepat untuk mendorong kreativitas di jenjang Madrasah Ibtidaiyah.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205211026 ELOK FATIHATUS SHOLIHAH |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 02:48 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 02:48 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
