VIVI AL MAIDAH, 17301153016 (2019) MENGHAFAL AL-QUR’AN MENGGUNAKAN OTAK KANAN DENGAN METODE GABUNGAN YAYASAN DARUL HIDAYAH PONOROGO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (538kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (656kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Otak Kanan Dengan Metode Gabungan, Studi Kasus Yayasan Darul Hidayah Ponorogo” yang ditulis oleh vivi Al- Maidah, NIM 17301153016. Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negri Tulungagung.Dosen Pembimbing: Fardan Mahmudatul Imamah.S.Th.I.Ma Kata kunci: menghafal Al-Qur’an, metode gabungan, otak kanan Latar belakang dari skripsi ini yaitu Yayasan Darul Hidayah ponorogo yang merupakan pusat dakwah yang mengadakan kajian menghafal Al Qur’an menggunakan otak kanan dengan metode Emotional Freedom Technique (EFT) dan Neuro-Linguistic Programming (NLP) adalah pendekatan psikologis yang berfokus pada hubungan antara pikiran (neuro), bahasa (linguistik), dan pola perilaku (pemrograman) untuk mengubah pola pikir dan meningkatkan komunikasi. Penerapan metode ini mampu memberikan manfaat bagi yang mengikuti kajian ini. Dari situ peneliti ingin meneliti dan mengkaji metode mngehafal Al Qur’an menggunakan otak kanan yang dilaksanakan oleh yayasan Darul hidayah ponorogi tentang dampak dan sejarah adanya metode menghafal Al Qur’an yang sudah mereka lakukan tersebut. Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah 1).Bagaimana metode menghafal Al Qur’an menggunakan otak kanan yang dibuat oleh rony Al gontory? 2).Bagaimana respon para pelaku metode otak kanan setelah mengenal metode tersebut?. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1). Penelitian ini berutujuan untuk mengetahui proses bagaimana metode menghafal Al-Qur’an menggunakan otak kanan yang telah menciptakan oleh Rony Al- Gontory ? 2).Peneliti ingin mengetahui bagaimana respon dan hasil pelaku setelah memepelajari dan megenal metode tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi pemimpin yayasan agar bisa dijadikan acuan untuk mengambil kebijakan juga dapat meningkatkan kualitas hafalan para jama’ah yang mengikuti kajian dibeberapa daerah terutama dilingkungan yayasan sendiri, untuk para ustadz sebagai masukan untuk lebih meningkatkan pengajaran yang lebih baik bagi calon hafidzah sehingga hafalan mereka bisa lebih efektif dan mudah untuk diterapkan, bagi peneliti yang akan datang diharapkan bisa menjadi pijakan fdalam rumusan desain penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan lebih komprehensif , khususnya yang berkenaan dengan perkembangan metode otak kanan dalam menghafal Al-Qur’an menggunakan metode gabungan serta bagaimana proses dalam menjaga Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi , dengan menggunakan analisis data, tekhnik pengumpulan data. Penelitian ini juga mengecek keabsahan data menggunakan tekhnik credibility, cofirmability, transferability dan dependenbility. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1). Proses menghafal menggunkan otak kanan yayasan darul hidayah ponorogo. Menggunakan tiga tahapan: azam: kehendak atau kemauan yang kuat untuk bisa mempraktekkan metode menghafal Al-Qur’an serta berniat ikhlas dan bertekat kuat untuk mencapai target yang yang kosisten dala wakyu yang ditentukan. Yaqro’: yaqro’ disini dalam arti fiil mustaqbal yaitu tidak sekedar yaqro’(membaca ayat) tetapi dsertai dengan prinsip istimrariyyah (membaca ayat berulang- ulang degan berkesinambungan), talqin merpakan kepastian dalam penyampaian (pendekatan). Dalam metode ini sesorang yang ingin menghafal suatu ayat harus memstikan bahwa ayat yang telah ia hafal sudah diklarifiaksikan penyampaiannya melalui simbol berupa huruf latin. 2). Menerapkan bebrapa prinsip penggunan otak kanan dalam menghafal seperti: gaya visual yaitu tekhnik pemahaman suatu ayat setelah itu dibaca sebanyak 5 kali sampai benar- banar hafal, gaya auditorial: tekhnik pendengaran seperti mp3 maupun rekaman- rekaman yang mempermudah otak dalam merespon. Gaya pancaindra:membaca,melihat dan melafadzkan ayat yang akan dihafalkan, gaya kinestetik: membaca berulang- ulang dengan menggera Faktor penghambat dalam metode ini kurang adanya penerapan para peserta, selain itu juga kurangnya fokus para peserta dalam mempelajari metode menghafal ini, Solusi dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara adanya motifasi juga memenejemen waktu menerapkan metode tersebut. Keyword: menghafal, metode gabungan
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Tafsir Quran |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir |
| Depositing User: | 17301153016 VIVI ALMA'IDAH |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 02:40 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 02:40 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
