PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII MTS PSM TANEN REJOTANGAN

ZIDA RIFADATAL HANIF, 126204213186 and BENI ASYHAR, 198307052023211020 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII MTS PSM TANEN REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (710kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan” ini ditulis oleh Zida Rifadatal Hanif, NIM. 126204213186, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Question Card, Hasil Belajar, Aljabar. Pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan siswa menjadi lebih cepat bosan serta cenderung pasif yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat menciptakan proses pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media question card yang berupa kartu soal berisi permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw dengan media question card terhadap hasil belajar siswa pada materi Aljabar kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan, (2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw dengan media question card terhadap hasil belajar siswa pada materi Aljabar kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain The One Group Post Test-Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Dalam pengambilan sampel mengguanakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw dengan media question card terhadap hasil belajar siswa pada materi Aljabar kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan, (2) Besar pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw dengan media question card terhadap hasil belajar siswa pada materi Aljabar kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan adalah sebesar 0,72 atau dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s menunjukkan persentase pengaruh sebesar 76% dengan kategori persentase tersebut tergolong sedang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213186 ZIDA RIFADATAL HANIF
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:28
Last Modified: 05 Dec 2025 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64673

Actions (login required)

View Item View Item