SURYANI AINI QOLBIAH, 12310193035 and NURUL SETYAWATI HANDAYANI, 199209132023212045 (2025) IMPLEMENTASI EDUTAINMENT BERBASIS LITERASI OLEH GERAKAN PERPUSTAKAAN ANAK NUSANTARA (GPAN) DALAM MINAT BACA ANAK DI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (773kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (278kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat baca di daerah Tulungagung yang pada tahun 2023, berdasarkan data terbaru, Indeks Minat Baca (IMB) mengatakan bahwa masyarakat Tulungagung memiliki persentase 67,70%. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah 1) Bagaimana implementasi edutainment berbasis literasi oleh Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) dalam minat baca anak di Tulungagung? 2) Bagaimana kendala yang dihadapi pada implementasi edutainment berbasis literasi oleh Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) dalam minat baca anak di Tulungagung?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus fenomenologi deskriptif. Ada tiga tahapan dalam melakukan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Implementasi edutainment berbasis literasi oleh Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) di Tulungagung terbukti memberikan perubahan yang signifikan terhadap peningkatan minat baca anak. Melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, program ini berhasil membangkitkan antusiasme anak-anak terhadap kegiatan literasi. 2) Berbagai hambatan, baik internal maupun eksternal, masih menjadi tantangan signifikan dalam pelaksanaan program. Kendala tersebut mencakup keterbatasan sumber daya manusia, fasilitas, serta dukungan dari lingkungan sekitar. Meskipun demikian, semangat dan komitmen GPAN dalam mengembangkan model edutainment literasi menunjukkan potensi besar dalam menumbuhkan budaya baca sejak dini.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Perpustakaan Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Umum |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
| Depositing User: | 12310193035 SURYANI AINI QOLBIAH |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 03:36 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 03:36 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
