PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

DIAN ANDRIANI MASRUROH, 2811133065 (2017) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)

Abstract

Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar Pemanfaatan perpustakaan sekolah adalah cara memanfaatan segala fasilitas yang ada di dalam perpustakaan sekolah. Fasilitas yang ada di dalam perpustakaan yakni bahan-bahan pustaka baik fiksi maupun non fiksi. Oleh karena itu perpustakaan dapat dimanfaatkan oleh pelajar untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang keilmuan. Kegiatan pemanfaatan perpustakaan diharapkan dapat mendukung pencapaian tingkat prestasi Akidah Akhlak siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menjelaskan pemanfaatan perpustakaan sekolah pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Bandung tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk menjelaskan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Bandung tahun ajaran 2016/2017. (3) Untuk menjelaskan pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Bandung tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif. Variabel penelitian ada 2 yakni pemanfaatan perpustakaan sekolah (X) dan prestasi belajar akidah akhlak (Y). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 288 siswa dengan pengambilan sampel sebanyak 158 siswa secara acak. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dengan metode pengumpulan data angket sedangkan untuk sumber data sekunder dengan menggunakan metode pegambilan data dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah di MTs Negeri Bandung termasuk dalam kategori cukup dengan prosentase 34,18% dengan rata-rata 58 terletak pada interval 56-59, (2) Tingkat prestasi belajar akidah akhlak termasuk dalam kategori cukup dengan prosentase 25,95% dengan rata-rata nilai 88 yang terletak pada interval 86-89, (3) kegiatan pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 (pada taraf 0,05) diperoleh F hitung = 10,924 > F tabel = 3,90. Dilihat dari R square =0, 314 yang berarti pemanfaatan perpustakaan sekolah mempengaruhi prestasi belajar sebesar 31,4%, dengan demikian bahwa variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah berpegaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akidah akhak siswa kelas VIII di MTs Negeri Bandung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133065 DIAN ANDRIANI MASRUROH
Date Deposited: 14 Nov 2017 06:53
Last Modified: 14 Nov 2017 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item View Item