PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS 2 DI SDIT AL-ASROR TULUNGAGUNG

LANA KHAIRANI PUTRI, 126205213206 and USWATUN HASANAH, 199201262019032019 (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS 2 DI SDIT AL-ASROR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas 2 di SDIT Al-Asror Tulungagung.” Ini ditulis oleh Lana Khairani Putri, NIM. 126205213206, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Realistic Mathematics Education (RME), Pemahaman matematis. Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada permasalahan pembelajaran matematika di sekolah dasar, di mana peserta didik cenderung menghafal rumus tanpa memahami konsep secara mendalam. Akibatnya, mereka kesulitan menerapkan matematika dalam situasi nyata. Ditambah bahan ajar yang bersifat prosedural dan kurang kontekstual, sehingga peserta didik tidak mampu menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang menekankan pembelajaran kontekstual, dengan tujuan membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih mandiri, bermakna, dan aplikatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan proses pengembanga LKPD berbasis pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman matematis peserta didik kelas 2 di SDIT Al-Asror Tulungagung, (2) Menjelasjan peningkatan pemahaman matematis peserta didik kelas 2 di SDIT Al-Asror Tulungagung setelah penggunaan LKPD berbasis pendekatan RME. Pada penelitian dan pengembangan ini, menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development. Implementation, Evaluation) Pada tahap Analysis, peneliti menganalisis kebutuhan lapangan. Tahap Design dilakukan dengan merancang struktur dan isi LKPD berbasis RME. Selanjutnya, pada tahap Development, LKPD dikembangkan lalu divalidasi oleh ahli. Setelah itu, tahap Implementation dilakukan dengan menguji coba LKPD kepada peserta didik kelas 2 SDIT Al-Asror lalu analisis data pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematis. Terakhir, pada tahap Evaluation, dilakukan analisis umpan balik dari peserta didik dan perbaikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD berbasis RME dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik, karakteristik, serta materi yang sesuai, yaitu geometri bangun datar. Produk LKPD mendapatkan skor 95% dari validator ahli pembelajaran matematika dan termasuk kriteria sangat valid dan layak digunakan. (2) Terjadi peningkatan skor rata-rata dari 73,75 pada pretest menjadi 94,17 pada posttest, dengan selisih peningkatan sebesar 31,49%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis RME dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep matematika secara lebih konkret dan bermakna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Matematika > Geometri
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213206 LANA KHAIRANI PUTRI
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:29
Last Modified: 22 Dec 2025 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64701

Actions (login required)

View Item View Item