UPAYA MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWI DI MA AL-ISHLAH SENDANGAGUNG LAMONGAN

SITI ROFI'ATUL AFIDA, 126207211040 and IMAM SAEROZI, 196407181992031001 (2025) UPAYA MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWI DI MA AL-ISHLAH SENDANGAGUNG LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswi di MA Al-Ishlah Sendangagung Lamongan” ini ditulis oleh Siti Rofiatul Afida, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, NIM 126207211040 tahun 2025, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Drs. Imam Saerozi, M.HI. Kata kunci: Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Siswi, MA Al-Ishlah Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswi di MA Al-Ishlah Sendangagung Lamongan. Permasalahan yang terjadi di MA Al-Ishlah terkait kedisiplinan siswi yakni siswi yang masih melanggar dan belum bisa disiplin, adapun yang sering siswi langgar yakni salah satunya terlambat ke sekolah dan tidak masuk kelas saat pelajaran berlangsung, hal ini menjadi permasalahan sangat penting bagi kedisiplinan karena kedisiplinan siswi merupakan aspek fundamental dalam membentuk karakter dan mendukung proses pembelajaran yang optimal, serta menjadi tantangan bagi pihak madrasah, khususnya bidang kesiswaan, dalam menciptakan lingkungan belajar yang tertib dan kondusif. Oleh karena itu manajemen kesiswaan harus meningkatkan kedisiplinan siswi, bagi siswi yang masih melanggar supaya bisa menjadi lebih baik lagi dalam disiplin di MA AlIshlah Sendangagung Lamongan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan manajemen kesiswaan dapat meningkatkan kedisiplinan siswi di MA AlIshlah Sendangagung Lamongan, (2) Bagaimana strategi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswi di MA Al-Ishlah Sendangagung Lamongan, (3) Apa saja kendala manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswi di MA Al-Ishlah Sendangagung Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yakni studi kasus, jika dilihat dari sumber datanya penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswi di MA Al-Ishlah Sendangagung Lamongan yakni dengan menerapkan kegiatan rutin yaitu; upacara, pramuka, muhadharah (pidato) dan olahraga, menerapkan pergantian tiga bahasa ( Indonesia, Arab dan Inggris) pada saat kegiatan muhadharah (pidato) dan upacara, menerapkan kedisiplinan siswi sejak awal masuk madrasah, yakni MASTAMA (masa ta’aruf siswa madrasah aliyah), serta menerapkan pengawasan dan pengecekan yang dilakukan oleh BESMA (badan eksekutif MA Al-Ishlah) bagian kedisiplinan, (2) Strategi manajemen kesiswaan dalam kedisiplinan siswi di MA Al-Ishlah Sendangagung Lamongan, yaitu strategi berkolaborasi dengan psikologi,xviii strategi penerapan sistem poin pelanggaran, dengan memberikan sanksi kepada siswi yang melanggar, strategi pemberian penghargaan (reward), dan strategi program P5 (projek penguatan profil pelajar pancasila) yakni pengurangan sampah plastik. (3) Kendala manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswi di MA Al-Ishlah Sendangagung Lamongan, yakni adanya sikap senioritas sebagian kakak kelas dengan adik kelas yang baru menjabat sebagai BESMA (badan eksekutif MA Al-Ishlah), kurangnya konsistensi (istiqomah) guru BK (bimbingan konseling) terhadap penegakan disiplin, dan kurangnya keterbukaan siswi kepada guru BK (bimbingan konseling) terhadap masalah yang dihadapinya, adapun kedisiplinan siswi saat ini sudah lebih baik dari pada tahun sebelumny

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211040 SITI ROFI'ATUL AFIDA
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:33
Last Modified: 08 Dec 2025 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64717

Actions (login required)

View Item View Item