PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 3 TULUNGAGUNG

USVIA DEWI MASITA, 126204202134 and DEWI ASMARANI, 197704122009122001 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”ْ Pengaruhْ Modelْ Pembelajaranْ Kooperatifْ Makeْ Aْ Match dengan bantuan Media Audio Visual terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII SMPN 3 Tulungagung “ْini ditulis oleh Usvia Dewi Masita, NIM. 126204202134, dengan pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Model Make a Match, Media Audio Visual, Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLDV, Pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan mendasar yang berkaitan dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, khususnya pada materi sitem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif, aktif, dan menyenangkan seperti Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan bantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMPN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitin eksperimen semu (quasi experiment), dan dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 3 Tulungagung. sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 33 dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 33. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang berjumlah 4 soal essay yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai reliabilitas sebesar 0,534. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Make a Match dengan bantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, ditunjukkan oleh nilai Sig 0,395 > 0,05 yang berarti adanya pengaruh yang sifnifikan model pembelajaran Make a Match dengan bantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202134 USVIA DEWI MASITA
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:35
Last Modified: 09 Dec 2025 01:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64766

Actions (login required)

View Item View Item