SYAYIDAH RURIN YUSWANDARI, 126206212058 and ANA FALERA, 199212022022032002 (2025) ANALISIS PROGRAM POLA GIZI SEIMBANG MELALUI PENDEKATAN TEMATIK DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) PERWANIDA SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (718kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (341kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul Analisis Program Pola Gizi Seimbang melalui Pendekatan Tematik di TK Perwanida Sumbergempol ini ditulis oleh Syayidah Rurin Yuswandari NIM 126206212058 dengan pembimbing Ibu Ana Falera, M. Pd Kata kunci : Anak Usia Dini, Pola Gizi Seimbang, Tematik,. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi kesehatan yang semakin menurun. Banyak anak usia dini yang terjangkit penyakit dan salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya pemenuhan gizi seimbang. Pada masa ini disebut masa keemasan dalam tumbuh kembang seseorang, oleh karenanya penting bagi anak untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk mendorong tumbuh kembang anak secara optimal. Salah satu penerapan dalam menjaga pola gizi seimbang adalah adalah lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Pendekatan kualitatif memiliki beberapa kriteria seperti menggali makna secara mendalam, memahami kejadian untuk diteliti dan dikaji secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh adalah, program pola gizi seimbang yang diterapkan di TK Perwanida sudah sesuai dengan pedoman-pedoman gizi yang telah ada, yaitu berdasar pada 10 prinsip kementrian kesehatan . selain itu, teori Abraham Maslow tentang hierarki kebutuhan manusia pada tingkat pertama yaitu kebutuhan fisiologis berupa makanan dan minuman. Seseorang tidak akan bisa mencapai tingkat tertinggi jika kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwasanya strategi yang digunakan oleh guru juga mempengaruhi efektivitas terlaksananya program pola gizi seimbang di TK Perwanida Sumbergempol. Strategi yang diterapkan guru adalah memberikan penyuluhan kepada orang tua siswa, memberikan materi tentang gizi seimbang kepada anak, melakukan pembiasaan yang baik dan memberikan pengalaman secara langsung dan integritas dengan tema.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > PAUD |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
| Depositing User: | 126206212058 SYAYIDAH RURIN YUSWANDARI |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:03 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:03 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
