PENGEMBANGAN E-LKPD KOLOID BERMUATAN ETNOSAINS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

EKA KUSUMA WARDANI, 126212211007 and IVAN ASHIF ARDHANA, 199212082019031011 (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD KOLOID BERMUATAN ETNOSAINS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (612kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (571kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dialami peserta didik di sekolah yakni keterbatasan bahan ajar yang mampu mengintegrasikan konsep yang berhubungan dengan etnosains, dan juga kurangnya bahan ajar yang dapat diakses dengan efisien oleh peserta didik. Salah satu kearifan lokal Kabupaten Jombang yang dapat diorientasikan dengan materi koloid adalah proses pembuatan tahu. Tujuan mengaitkan muatan lokal dengan kearifan lokal setempat, yakni untuk melestarikan kearifan lokal daerah agar tidak punah. Materi koloid merupakan materi yang banyak bacaannya dan rawan miskonsepsi. Adapun salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan mengaitkan materi koloid dan etnosains serta dikemas dalam sebuah E-LKPD. E-LKPD koloid bermuatan etnosains dengan model problem based learning (PBL) merupakan salah satu inovasi media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) koloid bermuatan etnosains dengan model problem based learning (PBL) sebagai sumber belajar kimia materi koloid (2) mengetahui tingkat kelayakan E-LKPD koloid bermuatan etnosains dengan model problem based learning (PBL), dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap E-LKPD koloid bermuatan etnosains dengan model problem based learning (PBL). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan model pengembangan 4-D menurut S. Thigarajan. Tahapan 4D yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini dibatasi sampai pada tahap development (pengembangan) karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara dan angket karakteristik peserta didik untuk analisis kebutuhan pengembangan produk. Lembar validasi digunakan untuk menguji kevalidan produk oleh 1 dosen dan 1 guru kimia, dan angket respon peserta didik digunakan pada tahap uji coba untuk mengetahui respon peserta didik kelas XII-F MAN 1 Jombang yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif dari hasil wawancara dan analisis data kuantitatif dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta angket respon siswa dengan cara menghitung persentase rata-ratanya. Hasil dari penelitian yaitu (1) menghasilkan produk berupa E-LKPD koloid bermuatan etnosains dengan model problem based learning (PBL) (2) uji validitas ahli materi terhadap terhadap E-LKPD koloid bermuatan etnosains dengan model problem based learning (PBL) memperoleh nilai rata-rata persentase 89% dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase 88% dengan kriteria sangat baik (3) hasil respon peserta didik terhadap E-LKPD koloid bermuatan etnosains dengan model problem based learning (PBL) memperoleh nilai rata-rata 88% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut pengembangan E-LKPD koloid bermuatan etnosains dengan model problem based learning (PBL) diperoleh respon yang sangat positif dan siswa tertarik untuk menggunakan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) dalam proses pembelajaran, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Kimia
Kimia > Larutan Elektrolit
Kimia > Larutan Non Elektrolit
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212211007 EKA KUSUMA WARDANI
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:41
Last Modified: 09 Dec 2025 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64795

Actions (login required)

View Item View Item