NUR SIHABUDIN ACHMAD, 1880506230006 and SOKIP, 197104202000031004 and IMAM JUNARIS, 196902052003121005 (2025) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGUATKAN KARAKTER 4C (CREATIVITY, CRITICAL THINKING, COLLABORATION & COMMUNICATION) SISWA SMAN/SMKN DI JOMBANG (Study Explanatory Mixed Methods Studi Kasus di SMA Negri 2 Jombang, SMA Negri 3 Jombang, SMK Negri 1 Jombang dan SMK Negri 3 Jombang). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (987kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (634kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (842kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Penerapan Project Based Learning Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menguatkan Karakter 4C (Creativity, Critical Thingking, Collaboration And Communication) Siswa SMAN-SMKN Dijombang”. (Study Explanatory Mixed Methods Studi Kasus di SMA Negri 2 Jombang, SMA Negri 3 Jombang, SMK Negri 1 Jombang dan SMK Negri 3 Jombang) ditulis oleh Nur Sihabudin Achmad, NIM. 1880506230006. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Sokip, M.Pd. dan Dr. Imam Junaris, M.Hi. Kata Kunci: Project Based Learning, Pendidikan Agama Islam, 4C, Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam pengaruh penerapan metode Project Based Learning (PjBL) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap penguatan karakter abad ke-21 yang dikenal sebagai 4C (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, dan Communication) pada siswa SMA/SMK Negeri di Kabupaten Jombang. Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari tuntutan global di era revolusi industri 4.0 dan transformasi digital yang menekankan pentingnya pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada kognitif, tetapi juga pada pembentukan karakter dan keterampilan hidup yang adaptif, kolaboratif, dan solutif. Dalam konteks pembelajaran PAI, selama ini masih banyak ditemukan pendekatan konvensional yang berpusat pada guru dan menekankan hafalan doktrin, tanpa mendorong partisipasi aktif dan reflektif siswa. Oleh karena itu, PjBL menjadi alternatif pembelajaran yang relevan karena menekankan keterlibatan langsung siswa dalam memecahkan masalah nyata, bekerja secara kolaboratif, menyusun solusi kreatif, serta mengkomunikasikan hasil pembelajaran dalam bentuk proyek yang bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan model explanatory sequential, yang diawali dengan pengumpulan data kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 374 siswa dari SMAN 2, SMAN 3, SMKN 1, dan SMKN 3 Jombang. Kemudian, data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru PAI dan observasi pembelajaran. Penggunaan dua pendekatan ini dimaksudkan untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai efektivitas PjBL dalam membentuk karakter 4C. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa penerapan PjBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penguatan karakter 4C siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 36,262 > t tabel 1,966. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nyata pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan PjBL dibandingkan metode konvensional. Rata-rata skor karakter 4C siswa meningkat secara signifikan, terutama pada aspek berpikir kritis dan kolaborasi. Temuan kualitatif memperkuat hasil tersebut. Dalam aspek Creativity, siswa menunjukkan peningkatan dalam mengemukakan ide-ide segar saat mengerjakan proyek seperti kampanye nilai-nilai Islami, video dakwah kreatif, dan poster akhlak digital. Pada aspek Critical Thinking, siswa dilatih untuk menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an dalam konteks sosial serta merancang solusi terhadap problematika keumatan. Aspek Collaboration berkembang melalui kerja tim, diskusi kelompok, serta proyek lintas kelas. Sedangkan Communication terlihat dari meningkatnya kemampuan siswa menyampaikan gagasan secara lisan maupun tulisan melalui forum presentasi dan publikasi media sosial sekolah. Penelitian ini juga menemukan bahwa faktor pendukung keberhasilan PjBL adalah kesiapan guru, dukungan manajemen sekolah, serta semangat kolaboratif siswa. Adapun hambatannya adalah keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan guru, dan belum meratanya fasilitas digital. Kesimpulannya, Project Based Learning tidak hanya terbukti efektif meningkatkan keterampilan akademik, tetapi juga memperkuat karakter siswa secara holistik. Pembelajaran PAI yang berbasis proyek menjadikan nilai-nilai Islam lebih kontekstual dan aplikatif, sekaligus menjawab tantangan pendidikan karakter di era modern. Model ini sangat relevan diterapkan secara lebih luas dalam kebijakan Kurikulum Merdeka sebagai strategi pembelajaran abad ke-21 yang berpusat pada siswa.
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Strategi Pembelajaran Pendidikan > Sumber Belajar |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 1880506230006 NUR SIHABUDIN ACHMAD |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 04:27 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 04:27 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
