MUHAMMAD FAUZI AL AZIZI, 1880506230049 and AKHYAK, 196710291994031004 and NGAINUN NAIM, 197507192003121002 (2025) PENGARUH KONTEN ISLAMI TIKTOK DAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (513kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (175kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pesatnya penggunaan media sosial TikTok oleh generasi Z, termasuk peserta didik madrasah, yang kerap mengakses konten Islami sebagai bentuk baru dakwah digital. Di sisi lain, internalisasi nilainilai pendidikan agama Islam menjadi fondasi penting dalam membentuk kedisiplinan beribadah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh konten islami TikTok terhadap kedisiplinan beribadah peserta didik? 2) adakah pengaruh internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam terhadap kedisiplinan beribadah peserta didik? 3) adakah pengaruh konten islami TikTok dan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam terhadap kedisiplinan beribadah peserta didik? 4) adakah pengaruh tidak langsung konten islami TikTok melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam terhadap kedisiplinan beribadah peserta didik? Dan 5) adakah pengaruh tidak langsung internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui konten islami TikTok terhadap kedisiplinan beribadah peserta didik? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara konten Islami TikTok, internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam, dan kedisiplinan beribadah peserta didik MTsN di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional dengan teknik analisis Partial Least Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS. Sampel diambil secara proporsional random sampling dari seluruh siswa MTsN di Kabupaten Tulungagung dan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konten Islami TikTok berpengaruh positif signifikan terhadap kedisiplinan beribadah sebesar 0,000 < 0,05 dengan besar kontribusi pengaruh 17,1%, (2) internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam berpengaruh positif signifikan terhadap kedisiplinan beribadah sebesar 0,000 < 0,05 dengan besar kontribusi pengaruh 60,2%, (3) keduanya secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan, (4) terdapat pengaruh tidak langsung konten Islami TikTok melalui internalisasi nilai-nilai sebesar 0,000 < 0,05 dengan besar kontribusi pengaruh 22,6%, dan (5) terdapat pengaruh tidak langsung internalisasi nilai-nilai melalui konten Islami TikTok sebesar 0,000 < 0,05 dengan besar kontribusi pengaruh 6,4%. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara media digital dan proses internalisasi nilai keagamaan dalam membentuk kedisiplinan ibadah peserta didik.
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Media Sosial Pendidikan |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 1880506230049 MUHAMMAD FAUZI AL AZIZI |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 04:24 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 04:24 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
