LATIFAH NIKMAH, 126205211039 and USWATUN HASANAH, 199201262019032019 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENDUKUNG KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (884kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (367kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (379kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Latifah Nikmah, 2025, Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Untuk Mendukung Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas III Di MI Nurul Islam Mirigambar. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Busy Book, Pembelajaran IPAS Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal. Hal ini disebabkan pembelajaran yang didominasi metode ceramah dan hanya berpacu pada buku ajar tanpa menggunakan media, sehingga siswa merasa bosan dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Ketika pembelajaran tidak lagi menyenangkan, siswa cenderung mencari aktivitas lain seperti bermain dan tidak mendengarkan intruksi dari guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran busy book yang efektif untuk mendukung keaktifan belajar siswa kelas III MI Nurul Islam Mirigambar, 2) menjelaskan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran busy book. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development dengan model ADDIE dengan beberapa tahap yaitu : Analisis (Analysis), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Impementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan dalam skala kecil dan skala besar. Analisis data meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, observasi, dan angket. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil dari lembar validasi, dan angket respon siswa tentang penggunaan media pembelajaran busy book. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, sebagai berikut: 1) Media pembelajaran dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui lima tahap: a) Analisis, guru dominan menggunakan metode ceramah dan hanya berpacu pada bahan ajar, sehingga siswa kurang antusis dan memilih bermain selama proses pembelajaran. b) Perencanaan, membuat rancangan berupa media busy book. c) Pengembangan, menghasilkan media busy book yang interaktif. d) Implementasi, validasi oleh ahli media memperoleh skor 90% (sangat valid), ahli materi 96% (sangat valid), dan respon peserta didik 87,6% (menarik). e) Evaluasi, media diperbaiki berdasarkan saran dari para ahli. 2) Dampak keaktifan siswa sebelum dan sesudah menggunakan media busy book. Sebelum penggunaan media busy book siswa cenderung pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran. setelah diterapkan, siswa lebih aktif, antusias, dan terlibat langsung dalam aktivitas pembelajaran seperti: menggunting, menempel, berdiskusi dan menjawab soal.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205211039 LATIFAH NIKMAH |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 08:31 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 08:31 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
