PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL SISWA MATERI RASIO KELAS VII MTs AL - HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

ANIKEN EKA NURROHMAWATI, 126204212110 and UMMU SHOLIHAH, 198008222008012018 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL SISWA MATERI RASIO KELAS VII MTs AL - HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (502kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nurrohmawati, Aniken Eka.2025.Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Proporsional Materi Rasio Kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd,.M.Si. Kata Kunci : Pengaruh, Model Discovery Learning , Kemampuan Penalaran Proporsional, Rasio Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran proporsional siswa khususnya pada materi rasio yang dapat menghambat proses pembelajaran matematika. Kemampuan Penalaran Proporsional adalah kemampuan berpikir secara logis melalui perhitungan yang sesuai dalam menuntaskan masalah yang berkaitan dengan kondisi perbandingan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan penalaran proporsional siswa materi rasio kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan penalaran proporsional siswa materi rasio kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Lokasi penelitian di MTs Al - Huda Bandung yang bertempat di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung yang berjumlah 120 siswa dengan seluruh kelas berjumlah 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T- test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan penalaran proporsional siswa materi rasio kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. (2) Besar pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan penalaran proporsional siswa materi rasio kelas VII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tergolong tinggi dengan nilai effect size sebesar 1,343 atau 90%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Perbandingan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212110 ANIKEN EKA NURROHMAWATI
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:52
Last Modified: 12 Dec 2025 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64944

Actions (login required)

View Item View Item