KIAI, MEDIA, DAN POLITIK LOKAL DI INDONESIA (Karisma dan Otoritas Gus Iqdam dalam Pemilu Kepala Daerah di Kabupaten Blitar Tahun 2024)

LIYA DZATUL MUNA, 126309211026 and SYAIFUDIN ZUHRI, 198106242014031002 (2025) KIAI, MEDIA, DAN POLITIK LOKAL DI INDONESIA (Karisma dan Otoritas Gus Iqdam dalam Pemilu Kepala Daerah di Kabupaten Blitar Tahun 2024). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (380kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keterlibatan seorang tokoh kiai yakni Gus Iqdam dalam proses pemenangan Bupati dan Wakil Bupati Blitar pada pemilu kepala daerah tahun 2024. Gus Iqdam sebagai kiai yang berperan dalam mendidik dan mengayomi umat, juga memiliki karisma dan otoritas yang terbangun salah satunya melalui media sosial. Karisma dan otoritas tersebut membuat nama beliau tak hanya menjadikannya sebagai pembimbing masyarakat tapi juga dapat ditransformasikan dalam tindakan politik oleh masyarakat. Popularitasnya mampu mempengaruhi gerakan politik masyarakat lewat karisma dan otoritas yang dimiliki. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih terhadap pengetahuan tentang bagaimana pembentukan karisma dan otoritas yang dimiliki oleh Gus Iqdam sebagai tokoh agama melalui media sosial dan bagaimana corak langkah politik masyarakat atas adanya karisma dan otoritas milik seorang kiai yang telah terbangun, dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar pada tahun 2024. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif meliputi ucapan, tulisan, dan perilaku yang diamati dari objek yang diteliti. Peneliti menggunakan beberapa sumber data seperti dari wawancara kepada sejumlah orang yang terlibat dalam produksi media Gus Iqdam, serta masyarakat yang turut memilih di pemilukada tahun 2024. Peneliti juga memanfaatkan sumber-sumber tertulis yang relevan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa keberadaan media sosial berperan dalam pembentukan karisma dan otoritas Gus Iqdam dalam dakwah yang dilakukan di Majelis Sabilu Taubah, dari pembentukan citra positif yang menempatkan Gus Iqdam tak hanya sebagai pendidik dan pengajar perihal keagamaan umat, hingga menjadi legitimator kekuasaan pemimpin lokal di Kabupaten Blitar Kata kunci: Kiai, Media, Politik Lokal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: 126309211026 LIYA DZATUL MUNA
Date Deposited: 11 Dec 2025 06:45
Last Modified: 11 Dec 2025 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64947

Actions (login required)

View Item View Item