PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

AYU OCVITASARI PUTRI, 126212211006 and IVAN ASHIF ARDHANA, 199212082019031011 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (568kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB l.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang mampu mendukung keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, terutama pada materi pemanasan global yang bersifat konseptual dan abstrak. Media pembelajaran konvensional belum mampu menstimulus kemampuan berpikir kritis dan pemahaman mendalam siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berupa video interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi pemanasan global menggunakan model pengembangan ADDIE (dibatasi sampai tahap Development), dan (2) Mendeskripsikan kelayakan media yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi ahli dan respon siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap Analysis, Design, dan Development. Tahap Analysis dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran. Tahap Design meliputi perancangan storyboard, skenario video, dan struktur materi dengan pendekatan saintifik. Tahap Development mencakup produksi media video interaktif dan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar validasi ahli, dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif, di mana data kuantitatif dianalisis dengan menghitung persentase kelayakan dari hasil validasi ahli dan respon siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan dianalisis untuk menggambarkan tanggapan serta masukan terhadap media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video interaktif dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa media tergolong dalam kategori sangat layak dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 91,2%. Selain itu, hasil respon siswa terhadap media menunjukkan bahwa media ini dapat membantu mereka memahami materi pemanasan global dengan lebih menarik dan interaktif, dengan rata-rata penilaian sebesar 97,03% yang masuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212211006 AYU OCVITASARI P.
Date Deposited: 12 Dec 2025 04:22
Last Modified: 12 Dec 2025 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64985

Actions (login required)

View Item View Item