PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPN 3 KEDUNGWARU

ALMIZAN AMIR, 126207213139 and DIKA PUTRI RAHAYU, 2022129101 (2025) PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Almizan Amir, NIM. 126207213139, Pembimbing: Dr. Dika Putri Rahayu, M.Pd. Kata kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, mutu pendidikan, SMPN 3 Kedungwaru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS di SMPN 3 Kedungwaru mencakup beberapa aspek utama, yaitu kemandirian sekolah dalam pengambilan keputusan, partisipasi aktif seluruh warga sekolah, serta transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sumber daya. Implementasi MBS yang efektif ditunjukkan melalui perencanaan program yang matang, pelaksanaan pembelajaran yang inovatif, serta evaluasi berkelanjutan terhadap kinerja sekolah. Dampak dari penerapan MBS ini terlihat pada peningkatan mutu pendidikan, baik dari segi prestasi akademik siswa, kedisiplinan, maupun peningkatan kompetensi guru. Dengan demikian, MBS terbukti menjadi strategi manajerial yang relevan dan efektif dalam mendorong peningkatan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207213139 ALMIZAN AMIR
Date Deposited: 17 Dec 2025 08:41
Last Modified: 17 Dec 2025 08:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65001

Actions (login required)

View Item View Item