PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIQU AL-BAHJAH 03 KARANGREJO TULUNGAGUNG

FITA ULFA NURAINI, 2817133055 (2017) PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIQU AL-BAHJAH 03 KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Fita Ulfa Nuraini, NIM. 2817133055, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing Mustofa, M. Pd. Kata Kunci: Metode Ummi, Pembelajaran Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur’an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur’an. SDIQU Al-Bahjah 03 merupakan bagian dari Yayasan Al-Bahjah yang didirikan di Karangrejo dan diasuh oleh Buya Yahya. Dengan menggunakan metode Ummi sebagai upaya dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung? (2) Bagaimana implikasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif lokasi penelitiannya di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung dalam pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi sudah sistematis dan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang ditetapkan. Metode penyampaian yang digunakan adalah metode Klasikal Baca Simak, metode penyampaian ini mempunyai kelebihan dalam penyampaian materi. Kelebihan tersebut terletak pada realisasi untuk mewujudkan peningkatan kemampuan siswa dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. (2) Implikasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah bahwa dalam proses pembelajaran metode sangat berpengaruh dalam berhasil atau tidaknya suatu pendidikan. Oleh karena itu, maka pengunaan metode yang tepat sangatlah penting. Jadi itu dapat dilihat di SDIQu Al-Bahjah 03 yang menggunakan metode Ummi sebagai metode pembelajaran Al-Qur’an. Setelah diterapkan kepada santrinya bahwa, santri mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid yang benar (tartil); santri merasa senang dan semangat dalam belajar Al-Qur’an; santri mampu membaca bacaan dengung dan jelas, bacaan panjang dan pendek, serta mampu membedakan lafadz Allah (tafkhim dan tarqiq); santri mampu mengoreksi kesalahannya sendiri; santri mampu menyebutkan angka Arab; hafal surat-surat pendek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133055 FITA ULFA NURAINI
Date Deposited: 17 Nov 2017 06:35
Last Modified: 17 Nov 2017 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6502

Actions (login required)

View Item View Item