PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SANANKULON

AMALIA FATIKHAH, 126204212136 and MAR'ATUS SHOLIHAH, 198912112025212012 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SANANKULON. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (720kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (762kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Persamaan Garis Lurus Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sanankulon” ditulis oleh Amalia Fatikhah, NIM. 126204212136, pembimbing Mar’atus Sholihah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Video, Pemahaman Konsep Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa, hal ini disebabkan oleh siswa yang cenderung pasif dan mengabaikan pendidik apabila materi yang diajarkan tidak menarik dan susah dipahami oleh siswa. Sehingga untuk mengatasinya guru harus memilih media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep matematika salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis video. Media pembelajaran interaktif berbasis video adalah sarana atau alat bantu dalam proses belajar mengajar yang menggunakan video sebagai sarana utama. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis video terhadap kemampuan pemahaman konsep Persamaann Garis Lurus pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sanankulon. 2) Untuk mengetahui sebarapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis video terhadap kemampuan pemahaman konsep Persamaann Garis Lurus pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sanankulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis quasi eksperimen dan desain posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Sanankulon tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 220 siswa. Dengan sampel yang diambil yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah siswa sebanyak 30 siswa dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang memiliki jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis video terhadap kemampuan pemahaman konsep Persamaann Garis Lurus pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sanankulon dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001. 2) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis video terhadap kemampuan pemahaman konsep Persamaann Garis Lurus pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sanankulon adalah 0,883 atau 88,3%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212136 AMALIA FATIKHAH
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:55
Last Modified: 15 Dec 2025 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65037

Actions (login required)

View Item View Item