KRISMA REGITA PURWANDARI, 126212211013 and ALI AMIRUL MU’MININ, 198504262023211016 (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (481kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (480kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Etnosains Pada Materi Laju Reaksi Untuk Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).” Ditulis oleh Krisma Regita Purwandari, NIM. 126212211013, Program Studi Tadris Kimia, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungaung. Pembimbing Ali Amirul Mukminin, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan E-LKPD, PBL, Etnosains, Laju Reaksi. Penggunaan bahan ajar berupa buku cetak konvensional yang berisi materi dan latihan soal kurang menarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan bahan ajar inovatif yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi guna meningkatkan kualitas pembelajaran kimia, khususnya pada materi laju reaksi yang sering dianggap abstrak dan sulit dipahami peserta didik sehingga perlunya pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi etnosains pada materi laju reaksi untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Integrasi etnosains diharapkan dapat mengaitkan konsep kimia dengan kearifan lokal, sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan E-LKPD berbasis Problem based learning (PBL) terintregasi etnosains pada materi Laju Reaksi. 2) Untuk mendeskripsikan kevalidan E-LKPD berbasis Problem based learning (PBL) terintregasi etnosains pada materi Laju Reaksi. 3) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik pada penggunaan E-LKPD berbasis Problem based learning (PBL) terintregasi etnosains pada materi Laju Reaksi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahpan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara guru dan siswa, angket kebutuhan siswa, lembar validasi ahli, dan angket respon siswa. Uji validitas dilakukan oleh Dosen Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan Guru Kimia sebagai ahli materi dan ahli media. Subjek pada uji coba terbatas yaitu siswa kelas X-TKI 2 SMKN 1 Boyolangu sebanyak 33 siswa. Data yang dihasilkan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasi dari penelitian ini yaitu (1) E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Etnosains Pada Materi Laju Reaksi Untuk Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dikembangkan sesuai dengan proses pengembangan 3D. (2) Kevalidan produk E-LKPD berbasis Problem based learning (PBL terintegrasi etnosains pada materi laju reaksi dinilai sangat valid oleh validator ahli media dan ahli materi, dilihat dari perolehan persentase rata-rata penilaian dari ahli media dan materi sebesar 90% dengan kategori sangat valid. (3) Respon peserta didik terhadap E-LKPD berbasis Problem based learning (PBL) terintegrasi etnosains pada materi laju reaksi reaksi dinilai baik dengan perolehan persentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya penggunaan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi etnosains dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Kimia Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
| Depositing User: | 126212211013 KRISMA REGITA PURWANDARI |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 06:57 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 06:57 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
