ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MENURUT TEORI POLYA PADA POKOK BAHASAN TEKANAN ZAT KELAS VIII DI SMPN 3 NGIMBANG

IRMA BUDI RAHMAYANTI, 12211173025 (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MENURUT TEORI POLYA PADA POKOK BAHASAN TEKANAN ZAT KELAS VIII DI SMPN 3 NGIMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Siswa Dalam memecahkan Masalah Fisika Meurut Teori Polya pada Pokok Bahasan Tekanan Zat Kelas VIII Di SMPN 3 Ngimbang” ditulis oleh Irma Budi Rahmayanti, NIM. 12211173025, Pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S. Si., M. Si. Kata Kunci: Kesulitan Pemecahan Masalah, Tahapan Model Polya, Tekanan Zat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi dilapangan bahwa kesulitan pemecahan masalah siswa SMPN 3 Ngimbang masih tergolong rendah untuk materi IPA khususnya Fisika, yang dibuktikan dengan hasil nilai ulangan haria siswa. Tujuan peneltian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan pemecahan masalah dan presentasenya dalam menyelesaikan soal IPA (Fisika) pada materi Tekanan Zat Kelas VIII SMPN 3 Ngimbang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 3 Ngimbang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 24 siswa, keudian dipilih sebanyak 5 siswa sebagai subjek wawancara , yaitu dengan masing-masing sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah, dan sangat rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumetasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan 3 teknik, yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kesulitan siswa dalam memecahkan masalah soal fisika dengan kemampuan tinggi berada pada kategori tinggi dengan rata-rata presentse 75,3% yang berarti siswa sudah mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemecahan masalah model Polya. (2) kesulitan pemecahan masalah polya siswa dengan kemampuan tinggi rata-rata 68,2% dengan rincian soal 1 da 2 siswa sudah mampu memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah model polya, soal 3 siswa hanya mampu memenuhi tahap indikator pemecahan memahami masalah dan soal 4 siswa belum mampu memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah. (3) kesulitan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan rendah berada pada kategori sangat rendah dengan rata-rata presentase 50,1% yang berarti siswa belum mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemecahan masalah model polya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Tekanan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173025 IRMA BUDI RAHMAYANTI
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:17
Last Modified: 16 Dec 2025 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65096

Actions (login required)

View Item View Item