PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK SISWA DI SDI AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

AFRULLIA NUR AZIZAH, 2811133012 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK SISWA DI SDI AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Akhlak Siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017”, ini ditulis oleh Afrullia Nur Azizah, NIM. 2811133012. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag, NIP. 19651215 200312 2 001 Kata kunci: Pendidikan Karakter (Integrasi Pembelajaran, Integrasi Budaya Sekolah, Integrasi Kegiatan Ekstrakurikuler), Akhlak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan bahwa pendidikan yang hanya mengutamakan potensi ranah kognitif saja telah mencetak generasi penerus bangsa yang hanya pintar dalam segi kognitif tetapi lemah dalam segi afektif dan psikomotorik. Akibat dari hal ini diantaranya adalah anak begitu pandai tetapi belum tentu memiliki akhlak yang mulia. Pendidikan karakter sangat penting di implementasikan dalam ranah pendidikan, khususnya disekolah untuk merubah akhlak siswa yang kurang baik menjadi baik atau akhlakul karimah. Untuk mewujudkan akhlak yang baik dan mulia dalam diri siswa maka pendidikan karakter disekolah perlu dikembangkan melalui integrasi pembelajaran, budaya sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Melihat hal itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang pengaruh pendidikan karakter terhadap akhlak siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagunng tahun ajaran 2016/2017. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh pendidikan karakater melalui integrasi pembelajaran terhadap akhlak siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 ?, (2) Adakah pengaruh pendidikan karakter melalui integrasi budaya sekolah terhadap akhlak siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 ?, (3) Adakah pengaruh pendidikan karakter melalui integrasi kegiatan ekstrakurikuler terhadap akhlak siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 ?, (4) Adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap akhlak siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 ? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa-siswi SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 224 siswa. Teknik sampling yaitu Stratified Random Sampling, teknik ini bisa digunakan pada populasi yang mempunyai susunan bertingkat atau berlapis. Adapun sampel penelitian ini adalah 69 siswa-siswi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji F. Hasil penelitian : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter melalui integrasi pembelajaran terhadap akhlak siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (2,991 > 1,997). Nilai signifikansi t untuk variabel pendidikan karakter melalui integrasi pembelajaran adalah 0.004 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0.004 < 0.05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter melalui integrasi budaya sekolah terhadap akhlak siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (2,212 > 1,997). Nilai signifikansi t untuk variabel pendidikan karakter melalui integrasi budaya sekolah adalah 0.030 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0.030 < 0.05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter melalui integrasi kegiatan ekstrakurikuler terhadap akhkak siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (3,738 > 1,997). Nilai signifikansi t untuk variabel pendidikan karakter melalui integrasi kegiatan ekstrakurikuler adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0.000 < 0.05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter melalui integrasi pembelajaran, pendidikan karakter melalui integrasi budaya sekolah, dan pendidikan karakter melalui itegrasi kegiatan ekstrakurikuler terhadap akhlak siswa di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dari nilai Fhitung (14,928) > Ftabel (2,748) dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0.000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0.000 < 0.05). Jadi Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133012 AFRULLIA NUR AZIZAH
Date Deposited: 06 Dec 2017 03:44
Last Modified: 06 Dec 2017 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6512

Actions (login required)

View Item View Item