PANDU AJI HISAM MUARIFIN, 12201193370 and MUHAMAD ZAINI, 197112281999031002 (2025) IMPLEMENTASI NILAI AHLUSSUNNAH WALJAMA’AH DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (381kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (348kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pandu Aji Hisam Muarifin 12201193370 Tahun 2025. “Implementasi Nilai Ahlussunnah Waljama’ah dalam Membangun Karakter Peserta Didik di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung.” Skripsi Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing: Bapak Dr. Muhamad Zaini, M.A.. Kata kunci: Implementasi Nilai Ahlussunnah Waljama’ah, Karakter Peserta Didik Konteks penelitian ini adalah pentingnya internalisasi nilai-nilai Ahlussunnah Waljama’ah dalam membentuk karakter moderat, toleran, dan berakhlakul karimah di lingkungan pendidikan madrasah. MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir menjadi salah satu lembaga pendidikan yang menanamkan nilai-nilai tersebut secara sistematis melalui kegiatan pembelajaran, budaya madrasah, dan kegiatan keagamaan. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana implementasi nilai tawasuth dalam membangun karakter peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir? (2) Bagaimana penerapan nilai tasamuh dalam membentuk sikap toleransi siswa di madrasah tersebut? (3) Bagaimana nilai tawazun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa sebagai wujud keseimbangan antara ibadah dan hubungan sosial? Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Observasi dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran, praktik keagamaan, dan kegiatan sosial siswa. Wawancara dilakukan dengan guru, siswa, serta waka kesiswaan untuk menggali penerapan nilai-nilai Aswaja, sedangkan dokumentasi mencakup foto kegiatan seperti tadarus Al-Qur’an, istighosah, kerja bakti, dan kajian kitab kuning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Ahlussunnah Waljama’ah telah terimplementasi dalam berbagai aspek kegiatan madrasah. (1)Nilai tawasuth tercermin melalui perilaku siswa yang moderat dan peduli sosial, (2) Tasamuh diwujudkan dalam sikap saling menghormati serta penerimaan perbedaan, (3) tawazun tampak pada keseimbangan antara ibadah dan aktivitas sosial. Kegiatan seperti tadarus Al-Qur’an, apel pagi, kerja bakti, dan kajian kitab menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter religius dan berakhlakul karimah. Dengan demikian, penerapan nilai-nilai Aswaja di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir berperan penting dalam membentuk pribadi siswa yang moderat, berakhlak, dan berkarakter Islami.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 12201193370 PANDU AJI HISAM MUARIFIN |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:36 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 02:36 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
