PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATERI RELASI DAN FUNGSI SISWA MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FADHILA QOTRUNNADA, 126204212127 and UMMU SHOLIHAH, 198008222008012018 (2025) PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATERI RELASI DAN FUNGSI SISWA MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (494kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fadhila Qotrunnada, 1262042121272. 2025. Pengaruh Media Power Point terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konseptual Materi Relasi dan Fungsi Siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Skripsi Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Media Power Point, Hasil Belajar, Pemahaman Konseptual, Relasi dan Fungsi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya pemahaman konseptual siswa dalam mata pelajaran matematika. Salah satu faktor penyebab dari hal tersebut adalah karena sistem pembelajaran yang dianggap monoton dan membosankan. Selain itu, penggunaan media juga berpengaruh terhadap hasil belajar dan pemahaman konseptual siswa. Saat ini masih banyak media pembelajaran yang dirasa masih kurang memfasilitasi kebutuhan siswa untuk belajar. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya pemanfaatan teknologi dalam penyampaian materi yang dilakukan oleh guru. Sehingga hal tersebut berdampak pada hasil belajar dan kemampuan pemahaman konseptual siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh media Power Point terhadap hasil belajar materi relasi dan fungsi siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh media Power Point terhadap kemampuan pemahaman konseptual materi relasi dan fungsi siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh media Power Point terhadap hasil belajar dan kemampuan pemahaman konseptual materi relasi dan fungsi siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan bentuk posttest only control group. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media pembelajaran Power Point sedangakan untuk variabel terikatnya ada dua yaitu hasil belajar siswa dan kemampuan pemahaman konseptual siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 375 siswa dan terbagi menjadi 6 kelas . Sampel dalam penelitian ini adalah 42 orang siswa dari kelas VIII-D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Tes berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa. Dimana hasil belajar dan kemapuan pemahaman konseptual akan diuji menggunakan uji t-test, sedangkan hasil belajar dan kemampuan pemhaman siswa akan diuji menggunakan uji MANOVA (Mulitivariate of Varians). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penggunaan media Power Point terhadap hasil belajar materi Relasi dan Fungsi siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. (2) Terdapat pengaruh penggunaan media Power Point terhadap kemampuan pemahaman konseptual materi Relasi dan Fungsi siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. (3) Terdapat pengaruh penggunaan media Power Point terhadap hasil belajar dan kemampuan pemahaman konseptual materi Relasi dan Fungsi siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212127 FADHILA QOTRUNNADA
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:51
Last Modified: 18 Dec 2025 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65191

Actions (login required)

View Item View Item