MUHAMMAD NADA NUHAKAMALl, 126201213297 and ABD. AZIZ, 197206012000031002 (2025) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DZIKIR AL-MA’TSURAT DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMK IT NURUL FIKRI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (741kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (180kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (212kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembiasaan Dzikir Al-Ma’tsurat Dalam Meningkatkan Nilai Religius Pada Peserta Didik Di SMK IT Nurul Fikri Trenggalek” ini ditilis oleh Muhammad Nada Nuhakamal, NIM 126201213297, dengan pembimbing Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Dzikir Al-Ma’tsurat, Nilai Religius. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penyimpangan perilaku di kalangan remaja semakin marak terjadi dan menjadi perhatian serius berbagai pihak. Bentuk penyimpangan tersebut antara lain berupa tawuran antarkelompok, kebiasaan merokok sejak usia dini, balapan liar, hingga sikap membangkang terhadap orang tua dan guru. Perilaku menyimpang ini umumnya dipengaruhi oleh lemahnya kontrol diri, rendahnya kesadaran spiritual, serta minimnya pembinaan karakter yang berkelanjutan. Dalam konteks ini, pendidikan karakter religius memiliki peran penting sebagai fondasi utama dalam membentuk perilaku positif peserta didik. SMK IT Nurul Fikri Trenggalek menjawab tantangan tersebut melalui penerapan metode pembiasaan dzikir Al-Ma’tsurat. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembiasaan dzikir Al-Ma’tsurat dalam meningkatkan perilaku patuh pada peserta didik SMK IT Nurul Fikri Trenggalek?; (2) Bagaimana pembiasaan dzikir Al-Ma’tsurat dalam meningkatkan rasa toleran pada peserta didik SMK IT Nurul Fikri Trenggalek?; dan (3) Bagimana pembiasaan dzikir Al-Ma’tsurat dalam meningkatkan hidup rukun peserta didik SMK IT Nurul Fikri Trenggalek? Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sumber data pada penelitian ini diambil dari berbagai data primer dan sekunder. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus, yang memungkinkan untuk memahami secara mendalam konteks dan perkembangan yang terjadi pada objek penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Kepatuhan terhadap aturan sekolah berkembang secara alami seiring dengan pelaksanaan rutin dzikir Al-Ma’tsurat yang menjadi bagian dari pembiasaan harian di lingkungan sekolah. (2) Kegiatan dzikir yang dilakukan secara berjamaah setiap pagi menciptakan rasa kebersamaan dan kedekatan emosional antar peserta didik. (3) Kegiatan ini tidak hanya memperkuat nilai spiritual siswa, tetapi juga mempererat kebersamaan dan solidaritas di antara mereka
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 126201213297 MUHAMMAD NADA NUHAKAMAL |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 01:27 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 01:27 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
