LAILATUL KHUSNA YUSPITA, 126204211044 and DEWI ASMARANI, 197704122009122001 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII MTS ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (607kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (337kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (302kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (432kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Aljabar Kelas VII Mts Aswaja Tunggangri Tulungagung” ini ditulis oleh Lailatul Khusna Yuspita, NIM. 126204211044, dengan pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Aljabar, Discovery Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Video Animasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga membuat siswa kurang memahami makna belajar dan cenderung dapat menimbulkan rasa bosan sehingga berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu inovasi model pembelajaran berpusat pada siswa dengan melibatkan peran aktif siswa, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi. Hal tersebut dapat memberikan kesempatan membangun pengetahuan dibenak mereka serta mempermudah siswa memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung, (2) untuk mengetahui berapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Aswaja Tunggangri. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen VII A dan kelas kontrol VII B. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik tes. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII MTs Aswaja Tunggangri, (2) Besar pengaruh pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII MTs Aswaja Tunggangri bendasarkan nilai cohen’s sebesar 0,7795 atau dalam persentase 76% dengan kategori sedang.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211044 LAILATUL KHUSNA YUSPITA |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 07:40 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 07:40 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
