SAFINA FATHIMATUZ ZAHRO', 126205211084 and DIANA LUTFIANA ULFA, 199201282020122015 (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (633kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Peserta Didik di MIN 2 Blitar” ditulis oleh Safina Fathimatuz zahro’ NIM. 126205211084 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Diana Lutfiana Ulfa, S.Pd.I., MPd. kata Kunci: strategi Guru, Kesulitan Belajar, Bahasa Arab. Pembelajaran bahasa arab di MIN 2 Blitar terdapat beberapa kesulitan yang dialami pendidik juga peserta didik kelas rendah pada jenjang SD/MI yakni cara membaca dan menulis. Sedangkan Kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik meliputi ketidakmampuan mengenali huruf Arab, kurangnya penguasaan mufradat, serta rendahnya konsentrasi selama pembelajaran berlangsung. Maka dari itu, peneliti tertarik mencari solusi pada permasalahan tersebut dengan mengkaji strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik kelas rendah di MIN 2 Blitar. Strategi tersebut antara lain adalah pembelajaran secara bertahap dan berulang, penggunaan metode hafalan (mencongkak mufradat), pemberian motivasi, permainan edukatif, serta pemanfaatan waktu-waktu khusus seperti setelah baris pagi atau sebelum pulang untuk mengulang materi. Guru juga aktif dalam mengenali siswa yang mengalami kesulitan belajar, lalu memberikan bimbingan secara individual atau kelompok kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Arab di MIN 2 Blitar (2) mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar menulis pada mata pelajaran Bahasa Arab di MIN 2 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu data yang diperoleh berupa ucapan atau tulisan dan tindakan yang diamati dari subjek penelitian. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti dan triangulasi (teknik dan sumber). Sedangkan analisis data yang dilakukan yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) penggunaan media, metode, bimbingan individual maupun kelompok, motivasi serta evalusi dan pembiasaan yang dilakukan di madrasah menunjukkan pengaruh yang sangat dibutuhkan dalam proses meningkatkan kemampuan belajar membaca peserta didik. Selain itu membaca secara berulang juga meningkatkan keterampilan membaca peserta didik (2) selama proses kegiatan belajar mengajar dilakukan penggunaan media, metode pengenalan bentuk huruf pada bahasa arab, bimbingan individu maupun kelompok, motivasi serta evaluasi, dan menulis berulang mampu meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Dampak yang diperoleh oleh peserta didik antara lain keterampilan menulis dan membaca meningkat, selain itu meningkatnya rasa percaya diri, minat belajar dan fokus peserta didik.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Peserta Didik |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205211084 SAFINA FATHIMATUZ ZAHRO' |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 02:56 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 02:56 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
