MOCH. ANANG PRASETYO, 12204193061 and MISWANTO, 198508272011011006 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER TERHADAP SELF-CONFIDENCE DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI PADA KELAS IX DI SMP INTERNASIONAL DARUL AKHWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (668kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (951kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (660kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran MURDER terhadap Self Confidence dan Hasil Belajar Siswa dengan Materi Geometri Transformasi pada Siswa Kelas IX SMP Internasional Darul Akhwan Tulungagung.” ini ditulis oleh Moch. Anang Prasetyo, NIM. 1220413061, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. NIP. 198508272011011006. Kata kunci: MURDER, self confidence, hasil belajar, geometri transformasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya self confidence belajar siswa, yang dimana hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini terjadi dikarenakan pembelajaran guru yang hanya menerapkan metode pembelajaran konvensional. Dengan pemilihan teknik pembelajaran yang tepat diharapkan dapat mewujudkan pembelajaran yang baik sehingga mampu meningkatkan self confidence dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru agar mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga akan meningkatkan self confidence dan hasil belajar adalah melalui model pembelajaran MURDER Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap self confidence siswa dengan materi geometri transformasi pada kelas IX SMP Internasional Darul Akhwan Tulungagung, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap hasil belajar siswa dengan materi geometri transformasi pada kelas IX SMP Internasional Darul Akhwan Tulungagung, 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap self confidence dan hasil belajar siswa dengan materi geometri transformasi pada kelas IX SMP Internasional Darul Akhwan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Internasional Darul Akhwan Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan ada dua kelas yaitu unsur kelas IX B dengan jumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan unsur kelas IX A dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen penelitian ini adalah 1) angket,2) tes, 3) dokumentasi teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah : 1) pengumpulan data 2) penyajian data 3) reduksi data, dan 4) kesimpulan atau verifikasi Analisis data yang digunakan ada tiga uji yaitu: 1) uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) uji prasyarat (uji normalitas dan homogentitas), 3) uji hipotesis (uji t, uji effect size Cohen’s dan uji MANOVA). Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap self confidence belajar siswa dengan materi geometri transformasi pada siswa kelas IX SMP Internasional Darul Akhwan Tulungagung. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,028 < 0,05 yang menandakan Ha diterima, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap hasil belajar siswa dengan materi geometri transformasi pada siswa kelas IX SMP Internasional Darul Akhwan Tulungagung. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menandakan Ha diterima, 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap self confidence dan hasil belajar siswa dengan materi geometri transformasi pada siswa kelas IX SMP Internasional Darul Akhwan Tulungagung. Besarnya pengaruh terhadap self confidence sebesar 0,729 tergolong besar dan hasil belajar siswa sebesar 1,256 tergolong sangat besar. Sekaligus ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menandakan Ha diterima.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 12204193061 MOCH. ANANG PRASETYO |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 06:18 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 06:18 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
