PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF BACAAN PADA SISWA KELAS 1 DI SDIT AL-ASROR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

AMIROH NUBAILA HANUM, 126205212093 and ROHMAH IVANTRI, 199010012020122017 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF BACAAN PADA SISWA KELAS 1 DI SDIT AL-ASROR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (758kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Bacaan pada Siswa Kelas 1 di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Amiroh Nubaila Hanum, NIM. 126205212093, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci: Big Book, Pemahaman Kognitif, Membaca Pemahaman, Siswa Kelas 1. Pemahaman bacaan siswa kelas 1 SD masih menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan, karena media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan belum sepenuhnya menyesuaikan dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Kurangnya ketertarikan siswa dan kesulitan dalam memahami isi teks menunjukkan pentingnya pengembangan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian, mudah dipahami, dan sesuai dengan kemampuan kognitif mereka. Salah satu media yang dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut adalah Big Book, yang dirancang khusus untuk mendukung pembelajaran membaca secara visual dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media Big Book untuk meningkatkan pemahaman kognitif siswa kelas 1 SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung; (2) Mengetahui keefektifan media berdasarkan hasil uji coba pembelajaran melalui pretest posttest; dan (3) Mengetahui tingkat keterbacaan media berdasarkan observasi dan validasi ahli bahasa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Pada tahap analisis, dilakukan observasi dan wawancara di kelas 1 untuk mengetahui kebutuhan dan hambatan pembelajaran. Tahap desain difokuskan pada penyusunan cerita bergambar bertema kebersihan lingkungan yang dikemas dalam bahasa sederhana dan ilustrasi menarik. Pada tahap pengembangan, media disusun menggunakan aplikasi Canva, kemudian divalidasi oleh ahli media dan ahli bahasa. Tahap implementasi dilakukan melalui uji coba terbatas (6 siswa) dan uji coba luas (22 siswa) dengan pretest dan posttest. Evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif untuk menilai efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan media Big Book dimulai dari analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara, perancangan isi cerita dan ilustrasi sesuai karakteristik siswa kelas 1, pengembangan media menggunakan aplikasi Canva, serta validasi oleh ahli media dan ahli bahasa hingga media dinyatakan layak. (2) Media Big Book terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata pretest sebesar 74,54 dan mengalami kenaikan menjadi 93,63 pada nilai posttest. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh rata-rata persentase peningkatan pemahaman bacaan siswa sebesar 51,85%. (3) Tingkat keterbacaan media tergolong sangat baik, ditunjukkan melalui validasi ahli bahasa dan hasil observasi selama pembelajaran, yang memperlihatkan siswa mampu membaca dengan lancar, memahami isi cerita, serta tertarik pada tampilan media.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa Dan Sastra > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212093 AMIROH NUBAILA HANUM
Date Deposited: 22 Dec 2025 06:54
Last Modified: 22 Dec 2025 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65306

Actions (login required)

View Item View Item