PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KIMIA HIJAU

ERLYNA SAFITRI, 126212211008 and IVAN ASHIF ARDHANA, 199212082019031011 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KIMIA HIJAU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Skipsi yang berjudul “Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Pada Materi Kimia Hijau” ini ditulis oleh Erlyna Safitri, NIM 126212211008, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, Discovery Learning, Literasi Sains, Kimia Hijau Kimia hijau yang menekankan prinsip-prinsip ramah lingkungan untuk mengurangi dampak negatif bahan kimia. Namun, materi ini cukup menantang bagi siswa karena kompleksitas konsep dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan model Discovery Learning yang mendorong siswa belajar aktif melalui eksplorasi dan penemuan. Pendekatan ini dinilai mampu meningkatkan rasa ingin tahu, berpikir kritis, dan literasi sains siswa dalam memahami konsep kimia hijau secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan E-modul berbasis discovery learning untuk melatih literasi sains siswa pada materi kimia hijau, (2) mengetahui tingkat kelayakan E-modul berbasis discovery learning untuk melatih literasi sains siswa pada materi kimia hijau, (3) mengetahui respon siswa terhadap E-modul berbasis discovery learning untuk melatih literasi sains siswa pada materi kimia hijau. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4D dari Thiagarajan. Model ini mencakup empat tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap develop karena keterbatasan waktu dan sumber daya. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara dan angket untuk menganalisis kebutuhan dalam pengembangan produk, lembar validasi untuk menilai kelayakan produk, serta angket respon siswa guna mengetahui tingkat keterbacaan media yang dikembangkan. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh dua validator, yaitu ahli materi dan ahli media. Sementara itu, uji keterbacaan dilakukan oleh 17 siswa kelas X-1 MA Al-Ma’arif Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) E-Modul berbasis discovery learning untuk melatih literasi sains pada materi kimia hijau ini dikembangkan menggunakan aplikasi canva pro, dan heyzine.com. (2) Kelayakan E-Modul yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi, hasil menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan mendapatkan rata-rata presentase 95% dari ahli materi dan mendapatkan rata-rata presentase 94% dari ahli media dan dinyatakan sangat layak. (3) Adapun tanggapan respon siswa secara keseluruhan didapatkan hasil sebesar 81% dengan katergori sangat baik. Berdasarkan hasil uji validasi dan respon siswa, E-Modul yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran kimia

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212211008 ERLYNA SAFITRI
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:37
Last Modified: 22 Dec 2025 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65310

Actions (login required)

View Item View Item