PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

DEWANTA WIJAYA, 126201212114 and AHMAD NATSIR, 198706022020121008 (2025) PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (785kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMAN 1 Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Dewanta Wijaya, NIM. 126201212114, dengan pembimbing Bapak Ahmad Natsir M.Pd.I. Kata Kunci: Penguatan, Nilai-Nilai, Moderasi Beragama, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya intolernasi, radikalisme, dan lunturnya budaya lokal di kalangan generasi muda yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran toleransi dan keterbukaan terhadap keberagaman. Hal ini menuntut perhatian serius dari berbagai pihak termasuk pendidikan. Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu sarana pembinaan karakter religius memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan penguatan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Kauman Tulungagung, mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Kauman Tulungagung, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Kauman Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan penguatan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Kauman Tulungagung yaitu a) menyusun perangkat pembelajaran (RPP, silabus, modul) berkaitan dengan moderasi, b) adanya pelatihan moderasi beragama bagi para pendidik, c) menyusun program kegiatan yang bernafaskan moderasi beragama. (2) penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Kauman Tulungagung yaitu: a) integrasi guru mata pelajaran, b) pendekatan keteladanan guru, c) pembiasaan positif. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Kauman Tulungagung yaitu: a) warga sekolah yang terintegrasi, b) kompetensi guru, c) Fasilitas dan kebijakan sekolah yang memadai, a) kurangnya sosok keluarga yang mendukung, b) penggunaan internet yang menyimpang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212114 DEWANTA WIJAYA
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:34
Last Modified: 23 Dec 2025 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65319

Actions (login required)

View Item View Item