SITI RODHINA MUDAWAMA, 126201211080 and ST. NOER FARIDA LAILA, 197201151999032002 (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PAI DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (624kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Mudawama, Siti Rodhina. 2025. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Darul Falah Bendiljatikulon Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi Penelitian ini dilaksanakan dalam konteks perubahan kurikulum di Indonesia, dari Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka memberi kebebasan kepada guru dan siswa dalam proses pembelajaran, serta menekankan pada pengembangan karakter dan potensi peserta didik. Kurikulum ini mendorong guru untuk membuat pembelajaran yang lebih fleksibel, menyenangkan, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dalam hal ini, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting karena tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai moral dan spiritual, juga ikut diharapkan menyesuaikan dengan kurikulum baru ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran PAI di MA Darul Falah Bendiljatikulon Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka di MA Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka di MA Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka di MA Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diambil dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi dengan kepala madrasah, guru pendidikan agama islam, waka kurikulum dan peserta didik di MA Darul Falah Bendiljatikulon Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, Pengambilan Kesimpulan. Kemudian pada teknik keabsahan data dengan pengecekan melalui kredibilitas dan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Darul Falah dilakukan secara mandiri oleh guru dengan mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Penyusunan modul ajar juga mempertimbangkan fase perkembangan peserta didik, nilai-nilai lokal keagamaan, dan prinsip pembelajaran berdiferensiasi. Madrasah juga menerapkan pendekatan kolaboratif dengan menggabungkan Kurikulum Merdeka dan kurikulum pesantren. (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Darul Falah berlangsung secara fleksibel dan kontekstual. Guru menggunakan berbagai metode, dan model pembelajaran.Metode pembelajaran yang digunakan seperti ceramah, diskusi, studi kasus,dan untuk model pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif. Terkait penggunaan media pembelajaran masih bervariasi tergantung fasilitas yang ada di madrasah. (3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Darul Falah dilakukan secara menyeluruh meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Terdapat tiga bentuk evaluasi, yaitu diagnostik, formatif, dan sumatif. Evaluasi dilakukan melalui observasi, tes, tugas, dan praktik langsung seperti ibadah dan akhlak. Pendekatan ini mendukung asesmen yang tidak hanya berorientasi pada hasil, tetapi juga proses perkembangan siswa secara holistik sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 126201211080 SITI RODHINA MUDAWAMA |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 02:07 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 02:07 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
