NURUL HIDAYAH, 2814133142 (2017) Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Kemampuan Matematika di Kelas IX MTs Al-Huda Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (525kB) |
||
Text
Daftar isi.pdf Download (90kB) |
||
Text
Bab 1.pdf Download (347kB) |
||
Text
Bab 2.pdf Download (525kB) |
||
|
Text
Bab 3.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (140kB) |
Abstract
Nurul Hidayah, NIM. 2814133142 “Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Kemampuan Matematika di Kelas IX MTs Al-Huda Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung. Pembimbing Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir, Menyelesaikan Masalah, Kemampuan Matematika Fenomena bahwa kebanyakan dari siswa cenderung masih bingung dalam memahami soal yang diberikan dan mereka cenderung menghafal rumus saja, sehingga apabila diberikan soal yang agak berbeda mereka masih merasa kebingungan dalam mengerjakan. Dalam hal ini peneliti mencoba untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika sehingga guru bisa memilih metode mengajar yang tepat sesuai dengan proses berpikir siswa. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung di kelas IX MTs. Al-Huda Bandung. (2) Untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung di kelas IX MTs. Al-Huda Bandung. (3) Untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung di kelas IX MTs. Al-Huda Bandung. Proses berpikir dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan berpikir yaitu pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan jenis proses berpikir siswa yang digunakan dalam penelitian ini adalah konseptual, semi konseptual, dan komputasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah enam orang siswa kelas IX MTs. Al-Huda Bandung yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan soal tes dan wawancara berbasis soal yang dilakukan pada materi bangun ruang sisi lengkung. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan konsep miles dan huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa berkemampuan matematika tinggi cenderung menggunakan jenis proses berpikir konseptual, mereka bisa menjelaskan secara detail sesuai jawaban yang mereka tulis dan pahami, ketika menjelaskan dia begitu yakin dengan jawabannya dan sesuai dengan langkah-langkah yang ada (2) siswa berkemampuan matematika sedang tidak bisa ditentukan jenis proses berpikirnya dikarenakan kelima indikator yang terpenuhi tidak terletak pada satu indikator yang sama, mereka bisa menjelaskan cara penyelesaian soal berdasarkan apa yang mereka tulis, akan tetapi kurang detail dan terlihat sedikit ragu dengan jawabannya (3) tidak bisa ditentukan jenis proses berpikirnya dikarenakan kelima indikator yang terpenuhi tidak terletak pada satu indikator yang sama, mereka belum bisa menjelaskan cara penyelesaian soal berdasarkan apa yang mereka tulis, serta penjelasannya tidak detail dan terlihat sedikit bingung dengan jawabannya, kebanyakan mereka kurang teliti dalam mengerjakan karena banyak jawaban yang masih salah dan cenderung tidak menuliskan langkah penyelesaian berdasarkan urutan yang benar, serta tidak menuliskan kesimpulan pada akhir jawabannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Proses Ber 2814133142 NURUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 02:39 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 02:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6544 |
Actions (login required)
View Item |