ZUHROTUN NASIKHAH, 1755154048 (2017) PENANAMAN SIKAP TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN (Studi Multisitus SDN Nglegok 01 dan SDN Ngoran 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Tesis ini dengan judul “Penanaman Sikap Toleransi dalam Pembelajaran (Studi Multisitus di SDN Nglegok 01 dan SDN Ngoran 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar)” ditulis oleh Zuhrotun Nasikhah dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I dan Dr. H. Asrop Syafi`i, M.Ag. Kata Kunci: Penanaman Sikap, Toleransi Banyak fenomena yang tidak terpuji yang dilakukan peserta didik seperti berkelahi antar teman, saling mengejek, tawuran dan tindakan lainnya mengindikasi bahwa pendidikan formal belum bisa membentuk karakter siswa. Perbedaan agama salah satu sebab yang menjadikan perlaku tidak terpuji tersebut. Siswa belum mengerti adanya perbedaan yang terjadi di lingkungan mereka. Agama di Negara Indonesia ini ada 6 keyakinan agama yang menjadi keragaman bangsa Indonesia. Hal tersebut mengindikasikan bahwa pendidikan karakter serta pendidikan agama yang didapat dibangku sekolah tidak berdampak pada perubahan perilaku siswa. Adapun pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana bentuk-bentuk penanaman sikap toleransi dalam pembelajaran di SDN Nglegok 01 dan SDN Ngoran 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar; (2) Bagaimana upaya guru dalam menanamkan sikap toleransi dalam pembelajaran di SDN Nglegok 01 dan SDN Ngoran 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar; (3) Bagaimana hasil penanaman sikap toleransi dalam pembelajaran di SDN Nglegok 01 dan SDN Ngoran 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis karena memahami fenomena-fenomena yang teradi dalam subjek penelitian. Jenis penelitian yang diguanakan yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data tunggal dan analisis data lintas situs sedangkan keabsahan data menggunakan kredibilitas data yang meliputi perpanjangan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk penanaman sikap toleransi dalam pembelajaran di SDN Nglegok 01 dan SDN Ngoran 01 ialah menghormati sesama, menghargai adanya perbedaan tempat ibadah, mengingatkan teman untuk beribadah sesuai dengan keyakinannya masing-masing. (2) upaya guru dalam menanamkan sikap toleransi di SDN Nglegok 01 dan SDN Ngoran 01 dengan cara, antara lain: a) proses pembelajaran didalam maupun diluar rungan, b) pengembangan budaya sekolah diantaranya: upacara hari senin, piket kelas, sholat dzuhur berjamaah, berdo`a sesuai keyakinan, c) kegiatan ekstrakurikuler, antara lain: bidang kesenian (seni tari, seni lukis, seni patung), bidang olahraga (voli, sepak bola, takraw, tenis meja), kebahasaan (baca puisi, pidato). (3) hasil penanaman sikap toleransi dalam pembelajaran ialah adanya ketukunan antar siswa, saling menghargai sesama teman, adanya rasa kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | ZUHROTUN NASIKHAH |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 06:57 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6576 |
Actions (login required)
View Item |