AFRIANA FATMAWATI, 2817133002 (2017) PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT WAJIB PADA SISWA DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (600kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (102kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pembiasaan Shalat Berjamaah Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Wajib Pada Siswa Di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol”, ini ditulis oleh Afriana Fatmawati, NIM. 2817133002, Pembimbing Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I Kata Kunci : Shalat Berjamaah, Kedisiplinan Shalat Wajib Latar belakang masalah : Anak merupakan anugerah dari Allah SWT, yang mempunyai dua potensi baik dan buruk. Fenomena ini dapat diseimbangkan dengan mengenalkan anak kepada pendidikan agama sejak dini. Memberikan. pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai agama akan melahirkan anak yang agamis dan sebaliknya pendidikan tanpa adanya pendidikan agama akan tumbuh menjadi anak yang hidupnya tanpa norma-norma agama. Oleh sebab itu Pembiasaan sholat berjama’ah pada anak perlu dilatih dan dibiasakan sejak dini agar kelak dewasa nanti akan merasa penting bagi kehidupan mereka. Kewajiban mendidik dan membiasakan anak shalat berjama’ah menjadi tanggung jawab orang tua, tetapi karena kesibukan dan sulitnya mencari ekonomi serta kurangnya ilmu pengetahuan agama yang dimiliki orang tua, menjadikan anak kurang terurus dan mendapat perhatian. Untuk mengatasi kelemahan- kelemahan tersebut dibutuhkan adanya suatu lembaga yang dapat memberikan pendidikan keagamaan. Oleh sebab itu peneliti mengadakan penelitian tentang Pembiasaan Shalat Berjamaah Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Wajib Pada Siswa di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol. Fokus penelitian: a) Bagaimanakah pembinaan Pendidikan shalat berjama’ah pada anak di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung ?, b) Metode apa yang digunakan dalam pendidikan shalat berjama’ah pada anak di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung ?, c) Bagaimanakah Implikasi Pendidikan shalat berjama'ah pada anak di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung ?. Tujuan Penelitian: a) Untuk mengetahui upaya pembinaan pendidikan shalat berjama’ah pada anak di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung, b) Untuk mengetahui metode yang digunakan para guru dalam pendidikan shalat berjama’ah di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung, c) Untuk mengetahui implikasi pendidikan shalat berjama’ah pada anak di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung. Kegunaan hasil penelitian: Secara teorotis; hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah ilmiah, terutama dibidang ilmu pendidikan agama, khususnya masalah ibadah, lebih khusus lagi dalam pelaksanaan shalat berjama’ah. Secara praktis; bagi penulis hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi syarat untuk mencapai Sarjana Strata Satu (S1) IAIN Tulungagung. Bagi lembaga pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan sebagai tambahan pengetahuan dalam pendidikan shalat berjama’ah. Bagi peneliti yang lain hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk studi banding untuk penelitian yang lain yang relevan dengan pembahasan pendidikan shalat berjama’ah pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik Triangulasi Kesimpulan : a) Pembiasaan Shalat Berjamaah Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Wajib Pada Siswa Di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol terlaksana. Hal ini dibuktikan pada perkembangan anak, mereka sanggup mengerjakan shalat berjama’ah dengan tertib dan tepat waktu, b) Metode pembiasaan shalat berjama’ah di SDI Bayanul Azhar Bendiljati sesuai dengan materi-materi shalat berjama’ah. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan metode demontrasi yang sering diberikan maka sekali waktu siswa diajari untuk menjadi imam shalat , c) Implikasi pendidikan shalat berjama’ah di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol dapat dilihat dalam bentuk solidaritas yang kuat antar siswa baik anak laki-laki maupun anak perempuan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133002 AFRIANA FATMAWATI |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 07:13 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 07:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6630 |
Actions (login required)
View Item |