STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MTsN TULUNGAGUNG

UMI MAHMUDAH, 2811133268 (2017) STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MTsN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTsN Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Mahmudah, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 2811133268 Tahun 2017 dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Strategi, Peningkatan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Fenomena yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa siswa yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan agama yang kuat ia akan memiliki kemampuan baca Al-Qur’an yang rendah. Demikian pula yang terjadi ketika pola asuh orang tua yang tidak memberi pondasi agama sejak anak usia dini serta faktor lingkungan yang tidak mendukung juga membawa peluang yang besar akan menambah angka rendahya kualitas baca tulis Al-Qur’an pada generasi muda. Padahal Al-Qur’an diakui sebagai kitab sucinya dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Saat ini, anak-anak lebih disibukkan dengan sekolah serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al-Qur’an bagi umat Islam. Maka dari itu, guru-giuru MTsN Tulungagung mempunyai strategi-strategi dalam mengajar membaca Al-Qur’an sebagai bekal untuk kelangsungan hidup dan mempertahankan nilai-nilai Agama Islam dimasa mendatang. Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana Strategi peningkatan kemampuan Tartilul Qur’an siswa di MTsN Tulungagung. 2. Bagaimana Strategi peningkatan kemampuan Tilawatil Qur’an siswa di MTsN Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berusaha mendiskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada dengan lokasi di MTsN Tulungagung. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode induktif yang digunakan untuk mengelola data kualitiatif, dengan prosedur analisis data kedalam 3 langkah meliputi tahap reduksi data, sajian data (display data), menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disampaikan disini bahwa: 1. Dalam peningkatan kemampuan Tartilul Qur’an strategi yang gunakan guru pembimbing adalah menggunakan metode Drill, Guru pembimbing membaca ayat perayat dengan tartil selanjutnya murid juga mengikutinya, kemudian guru pembimbing menunjuk satu persatu siswa untuk membaca kembali apa yang di ucapkan guru pembimbing, guru pembimbing membenarkan apa yang di ucapkan siswa berupa tajwid ataupun makhrojnya. Untuk meningkatkan kualitas kelancaran membaca Al-Qur’an yaitu sesuai dengan Hukum bacaan Tajwid, dengan menguasai teori-teori ilmu tajwid, Makhroj, dan Sifaatul Huruf, 2. Dalam peningkatan kemampuan Tilawatil Qur’an strategi yang gunakan guru pembimbing adalah mencari variasi terbaru dari beberapa Qori’ ternama yang berasal dari Indonesia maupun luar Indonesia. Selain itu memberikan sebuah lagu dari beberapa ayat Al-Qur’an kepada siswa mengajarkannya sampai siswa benar-benar bisa dengan mengulanginya tiga kali. Untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dengan berbagai strategi yaitu dengan metode talaqqi, memperbanyak kaset-kaset qori’ untuk diperdengarkan murid dalam pembelajaran tilawah, mengikutkan muridnya dalam berbagai lomba MTQ baik tingkat sekolah, Kabupaten, maupun Provinsi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: umi 2811133268 UMI MAHMUDAH
Date Deposited: 23 Nov 2017 07:32
Last Modified: 23 Nov 2017 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6631

Actions (login required)

View Item View Item