STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA SMPN 01 SUTOJAYAN Kab. BLITAR

MELIANA NOVITA SARI, 2811123139 (2017) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA SMPN 01 SUTOJAYAN Kab. BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Novita, Meliana. 2017. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Beragama Siswa di SMPN 01 Sutojayan Kab.Blitar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Sarjana Strata Satu Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Toleransi Beragama Indonesia merupakan negara yang pluralis artinya bahwa Indonesia adalah bangsa yang dihuni oleh beragam budaya, suku, ras, bahasa, adat istiadat serta agama. Keberagaman tersebut sering kali menimbulkan konflik yang mengatasnamakan agama baik itu dengan sesama agama maupun yang beda agama. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kerukunan antar umat beragama. dalam hal ini pendidikan agama dianggap berperan penting dalam upaya menangkal perilakuk negatif yang akan dilakukan oleh penganutnya. Melihat kondisi lingkungan SMPN 01 sutojayan yang terdiri dari agama Islam dan non Islam serta berdasarkan pengamatan bahwa disekolah tersebut sudah mendukung adanya sikap toleransi beragama, sehingga peneliti ingin mengetahui lebih lanjut tentang strategi yang digunakan oleh guru PAI untuk menumbuhkan sikap toleransi dan bagaimana gambaran sikap toleransi beragamanya. Adapun fokus penelitian ini meliputi : 1. Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan toleransi siswa sesama agama di SMPN 01 Sutojayan Kab.Blitar? 2. Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan toleransi siswa beda agama di SMPN 01 Sutojayan Kab.Blitar? 3. Gambaran toleransi beragama siswa di SMPN 01 Sutojayan Kab.Blitar? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (pengamatan, wawancara (interview) dan juga dokumentasi. Teknik analisis berupa deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode dan juga triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama siswa di SMPN 01 Sutojayan Kab.Blitar yaitu:1. Strategi guru pendidikan agama islam menumbuhkan sikap toleransi siswa sesama agama dilaksanakan dengan : a. Meningkatkan pembinaan individu yang mengarah pada terbentuknya pribadi yang memiliki budi pekerti luhur dan berakhlak karimah, b. Menonjolkan segi-segi persamaan dalam agama dan sebaliknya tidak memperdebatkan segi-segi perbedaan dalam agama, c. Merubah orientasi pendidikan yang menekankan aspek sektoral fiqhiyah menjadi pendidik agama yang berorientasi pada pengembangan aspek universal rabbaniyah, maksudnya menonjolkan bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin, d. Menerapkan variasi metode ketika pembelajaran didalam kelas yaitu dengan membuat kelompok belajar yang terdiri dari siswa yang berbeda organisasi. 2). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sokap toleransi siswa beda agama dilakukan dengan: a. Menerapkan 3S yaitu salam, sapa, senyum, b. Pembiasaan, c. Keteladanan. 3). Gambaran sikap toleransi beragama di SMPN 01 Sutojayan berdasarkan : a. Memberikan kebebasan atau kemerdekaan, b. Mengakui hak setiap orang, c. Menghormati keyakinan orang lain, d. Saling mengerti, e. Tidak memaksakan suatu agama pada orang lain, f. Tidak boleh memusuhi orang selain muslim, g. Hidup rukun dan damai dengan sesama manusia, h. Saling tolong menolong dengan sesama manusia

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123139 MELIANA NOVITA SARI
Date Deposited: 24 Nov 2017 01:46
Last Modified: 24 Nov 2017 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item View Item